Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Rincian UKT UI 2024 untuk Semua Jurusan S1, Tertinggi Rp 20 Juta

Kompas.com - 20/05/2024, 07:18 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - UKT (Uang Kuliah Tunggal) sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) tengah jadi sorotan.

Pasalnya UKT yang wajib dibayarkan tiap semester di sejumlah PTN mengalami kenaikan pada tahun akademik 2024/2025 ini.

Terkait informasi mengenai UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) atau uang pangkal di perguruan tinggi negeri yang mengalami kenaikan, UI (Universitas Indonesia) menegaskan tidak ada penambahan kelompok UKT untuk tahun akademik 2024/2025.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia mengatakan, untuk biaya kuliah tahun akademik 2024/2025 UI tidak menambah kelompok UKT.

Baca juga: Komisi X Akan Panggil Mendikbud, Minta Penjelasan Soal Kenaikan UKT

UKT tidak sesuai bisa konsultasi dengan pihak kampus

Melainkan UI menyederhanakan dari 11 kelompok menjadi 5 kelompok UKT. Dengan besaran UKT mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 20 juta.

"Kami juga menyampaikan dalam beberapa kesempatan dengan rekan-rekan media bahwa prinsip UI adalah no one left behind. Artinya tidak boleh ada mahasiswa yang tidak lanjut kuliah karena kendala finansial," papar Amelita kepada Kompas.com, Minggu (19/5/2024).

Dia menekankan, apabila dirasa ada ketidaktepatan dalam penetapan UKT terhadap para mahasiswa, dapat mempertanyakan lewat mekanisme yg ada di UI. Hal ini sudah terjadi di UI pada tahun-tahun sebelumnya.

Lantas berapa besaran UKT di UI untuk tahun akademik 2024/2025? Berikut biaya kuliah UKT di UI yang perlu diketahui calon mahasiswa.

UKT UI dibagi menjadi 5 kelompok. UKT kelompol 1 dan 2 sama untuk semua jurusan. Yakni UKT kelompok 1 sebesar Rp 500.000 dan UKT kelompok 2 sebesar Rp 1 juta.

Besaran UKT dan IPI di UI merujuk pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 54/P/2024 tentang Besaran Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi.

Penting untuk diketahui bahwa biaya UKT dan IPI disesuaikan dengan latar belakang sosio-ekonomi orangtua atau penanggung biaya pendidikan masing-masing mahasiswa.

Biaya ini ditentukan saat melakukan proses pra-registrasi. UI akan menetapkan tarif UKT dan IPI yang sesuai bagi masing-masing mahasiswa.

Jika tarif yang ditetapkan dirasakan tidak sesuai, maka UI menyediakan proses konsultasi dengan mahasiswa dan orangtua atau penanggung biaya pendidikan yang bersangkutan hingga diperoleh tarif yang sesuai.

Pada prinsipnya, UI menjamin setiap mahasiswa yang diterima pada Program Sarjana dan Program Pendidikan Vokasi Kelas Reguler tidak akan mengalami hambatan dalam mengikuti pendidikan akibat masalah finansial. Berbagai mekanisme dikembangkan oleh UI untuk mengatasi masalah ini.

Biaya kuliah UKT UI 2024/2025

Mahasiswa juga dapat mengajukan pertanyaan dan selanjutnya akan dilangsungkan proses konsultasi, verifikasi, dan diskusi terkait UKT. Berikut biaya kuliah UKT UI 2024 yang perlu kamu perhatikan:

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com