Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kampus Top Dunia yang Punya Jurusan Bahasa Indonesia

Kompas.com - 29/04/2024, 07:13 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Perguruan tinggi di Indonesia menyediakan jurusan kuliah berbagai bahasa dan sastra dari negara lain.

Namun, tahukah kamu bahwa bahasa Indonesia juga menjadi jurusan di beberapa universitas di luar negeri.

Bahkan, universitas di luar negeri yang menyediakan Jurusan Bahasa Indonesia termasuk kampus top dunia.

Dilansir dari akun Instagram Schoters, Senin (28/4/2024), berikut 5 universitas terkemuka di dunia yang mempunyai Jurusan Bahasa Indonesia.

Baca juga: Ini 14 Universitas Terbaik untuk Jurusan Psikologi Versi Scimago 2024

5 kampus top dunia yang punya Jurusan Bahasa Indonesia

1. University of Melbourne

Universitas ini memiliki Program Studi Bahasa Indonesia yang dibuka untuk S1 sampai S3 di bawah naungan Faculty of Art yang merupakan fakultas seni dan humaniora terbaik di Australia berdasarkan QS World Ranking 2024.

Mahasiswa yang memilih Program Studi Bahasa Indonesia akan diajarkan keterampilan berkomunikasi secara efektif, serta mempelajari kehidupan sosial, politik, budaya hingga industri kreatif yang ada di Indonesia. Lulusannya akan bergelar Bachelor of Arts.

2. Yale University

Salah satu kampus Ivy League ini juga menawarkan Jurusan Bahasa Indonesia dengan Major Council in Southeast Asia Studies yang sudah ada sejak 1940.

Pengajar untuk jurusan ini merupakan orang Indonesia asli. Menurut pihak universitas, belajar Bahasa Indonesua memiliki banyak benefit. Salah satunya dapat memahami budaya timur, barat dan juga Islam dalam satu program.

Yale University yang berdiri sejak tahun 1970 juga memfasilitasi mahasiswa dengan forum Indonesia seperti gamelan, seni galeri Indo-Pasifik dan pusat bahasa.

Baca juga: Ini Rincian UKT Unsoed 2024 untuk Semua Jurusan S1

3. University of Washington

Salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat juga memiliki Jurusan Bahasa Indonesia. Jurusaan Bahasa Indonesia di kampus ini berada di bawah naungan Departement of Asian Language and Literature untuk program S1 dan S2.

Salah satu program belajar untuk mahasiswa sarjana yaitu Minor in Indonesia yang mempelajari struktur bahasa, kebudayaan, sastra, musik sampai kondisi terkini yang ada di Indonesia.

Mahasiswa juga mempelajari karta sastra dari sastrawan Indonesia. Seperti Pramoedya Ananta Toer hingga Chairil Anwar.

4. Tokyo University of Foreign

Salah satu universitas yang ada di Tokyo, Jepang ini juga menyediakan Jurusan Bahasa Indonesia. Kampus yang sudah berdiri selama 167 tahun ini terkenal banyak mengkaji bahasa asing termasuk Bahasa Indonesia.

Ada 7 program studi asing dalam Fakultas Bahasa dan Budaya. Salah satunya adalah program Southeast Asian Studies yang terdiri dari kelas Bahasa Indonesia.

Tahun pertama dan kedua, mahasiswa akan intensif belajar bahasa dan sejaran-budaya Indonesia. Di tahun ketiga dan keempat akan fokus mendalami bidang sesuai dengan minat mahasiswa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com