Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Siswa SMA Semesta Mewakili Kota Semarang di Ajang OSN 2024 tingkat Provinsi

Kompas.com - 21/04/2024, 11:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 22 siswa Sekolah Semesta Semarang, Jawa Tengah, berhasil lolos ke tahap OSNP (Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi) tahun 2024. Hal ini tidak mengejutkan mengingat sekolah unggulan Jawa Tengah ini telah banyak menyumbangkan medali OSN di tingkat nasional.

Dalam OSN 2023, SMP dan SMA Semesta sukses menorehkan prestasi di tingkat Nasional dengan meraih total 5 medali dengan rincian sebagai berikut:

  • Medali Perak Bidang Geografi: Ai Kaga Naufal
  • Medali Perunggu Bidang Kimia: Emeliana Putri
  • Medali Perunggu Bidang Kimia: Daud Abdul
  • Medali Perunggu Bidang Fisika: Pramudya Karindra
  • Medali Perak Bidang IPA SMP: Yazeira Andini Maheswari

Humas SMP dan SMA Semesta Bilingual Boarding School SMP-SMA, Qorib Hidayat kepada Kompas.com (21/4/2024) menjelaskan, dukungan penuh dari sekolah merupakan salah satu faktor utama atas prestasi yang diraih.

"Pembuatan program belajar bagi peserta olimpiade dan pendampingan belajar yang dilakukan oleh pembina olimpiade memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi siswa. Ada pelatihan intensif bagi siswa yang masuk Tim Olimpiade sekolah," jelas Qorib.

Pembina olimpiade SMP SMA Semesta juga memastikan siswa yang tergabung dalam SOS (Semesta Olimpiade Squad) selalu termotivasi dan disiplin dalam belajar dengan memberikan program sharing time dari pembina olimpiade, kakak kelas dan alumni SMP SMA Semesta.

Baca juga: Jadwal Terbaru Tes Ulang OSN 2024 Jenjang SD dan SMP

Tidak mengherankan, 22 siswa Sekolah Semesta berhasil mewakili Kota Semarang, melaju ke OSN tingkat provinsi di tahun 2024. Mereka mewakili beberapa bidang lomba, yakni:

  • Bidang Astronomi: Daffa Havrin, Rigel Bintang, Yazeira Andini Maheswari, Adila Salvania Shahieza
  • Bidang Biologi: Raisa Maila, M. Abdillah Firdaus
  • Bidang Ekonomi: Habibah Nur
  • Bidang Fisika: Ikhsan Alfarizki, M Agra Wahyudi, Afra Septi Kania
  • Bidang Geografi: Siti Zumrotul, Safira Rahmadiati, Fadillah Rizqi Prayoga
  • Bidang Informatika: Radista Kriska, Rendra Angga 
  • Bidang Komputer: Ludaka Firdaus
  • Bidang Kebumian: Youta Ikram Perdana, Yusuf Abdul
  • Bidang Kimia: Daud Abdul, Nazhifa Aqiila
  • Bidang Matematika: M Fajar Royyan, Alfa Reza Raditya

Lebih jauh Qorib menjelaskan, Sekolah Semesta memiliki Divisi Career Planning untuk memotivasi siwa untuk meraih banyak prestasi. Program berisi seminar maupun pendampingan dengan narasumber dari orangtua siswa, alumni maupun para akademisi.

"Banyak alumni sekolah Semesta yang mendapatkan beasiswa kuliah seperti Beasiswa Pendidikan Indonesia, Beasiswa Indonesia Maju (BIM) karena prestasi saat SMP atau SMA," ungkap Qorib.

Dia memaparkan, Sekolah Semesta sebagai sekolah unggulan di Jawa Tengah setiap tahunnya selalu memberikan apresiasi kepada para medalis ataupun finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN).

"Beasiswa hingga 100 persen termasuk laptop, seragam dan fasilitas asrama akan diberikan kepada para medalis OSN," ungkap Qorib.

Qorib berharap, para siswa yang masuk ke tahap provinsi dapat terus berprestasi hingga ke tahap OSN nasional dan bahkan internasional. "Semoga bisa mendapatkan banyak medali di tingkat Nasional Dan bisa lanjut ke tingkat internasional," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com