Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Antropologi UGM Masuk 100 Besar Terbaik Dunia

Kompas.com - 16/04/2024, 16:08 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program studi (Prodi) Antropologi Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menduduki peringkat 51-100 di Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2024.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya UGM, Prof. Setiadi mengatakan, pencapaian ini sangat membanggakan mengingat sangat jarang prodi di Indonesia yang bisa masuk 100 besar dunia.

"Bagi FIB, pencapaian ini menjadi pemicu sekaligus pembelajaran agar prodi lain bisa masuk kategori yang sama," kata Prof. Setiadi dikutip dari laman resmi UGM, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, UKT Per Semester Paling Mahal Rp 20 Juta

Prof. Setiadi menjelaskan, keberhasilan prodi antropologi UGM masuk dalam jajaran 100 besar dunia ini tidak lepas dari keunggulan penilaian sisi akademik, publikasi, jumlah sitasi, impact hingga kualitas lulusan yang dihasilkan.

Menurutnya, dukungan FIB UGM dalam ketersediaan dana riset, membuka peluang kerja sama, serta memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia untuk studi lanjut sangat mendukung prodi ini semakin maju dan bertaraf internasional.

"Apalagi kita di FIB sudah memiliki kebijakan untuk menetapkan dosen wajib lulus S3 dan rekrutmen dosen baru juga wajib sudah harus bergelar doktor," ujarnya.

Prof. Setiadi menilai, prodi antropologi UGM pantas masuk dalam peringkat 51-100 besar mengingat prodi tersebut sangat produktif dalam publikasi dan riset-riset kolaboratif internasional.

Selain itu, prodi antropologi juga sering melakukan kerja sama pertukaran dosen dan mahasiswa ke luar negeri.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri di UI, UGM, dan ITB

"Pengiriman mahasiswa S1, S2, dan S3 untuk riset budaya lain di Eropa dan Asia menjadi keunggulan tersendiri di prodi ini," jelas Prof. Setiadi.

Berikut universitas di Asia yang masuk jajaran peringkat 100 besar QS WUR by Subject 2024:

1. National University of Singapore (13)

2. University of Tokyo (33)

3. The Chinese University of Hong Kong (36)

4. The University of Hong Kong (41)

5. Kyoto University (43)

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com