Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

93 Mahasiswa Korban Magang Ferienjob di Jerman, UNJ Ambil Langkah Hukum

Kompas.com - 26/03/2024, 11:33 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengambil langkah hukum atas kasus Program Magang Internasional Ferienjob ke Jerman. Sebanyak 93 mahasiswa UNJ bahkan sudah berangkat pada 2 Oktober 2023.

Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri mengungkap kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok program magang Ferienjob ke Jerman yang diselenggarakan PT SHB dan CV-Gen di tahun 2023.

Polri mengatakan, kasus ini merugikan 1.047 mahasiswa dari 33 kampus yang menjadi korban. Terkait kasus ini, pihak UNJ memberikan keterangan resmi sekaligus membeberkan awal mula Ferienjob diperkenalkan ke kampus dan ke para mahasiswanya.

Baca juga: Kedubes AS Buka 27 Lowongan Magang Mahasiswa S1 dan S2 Semua Jurusan

Melalui keterangan resmi, UNJ mengatakan, program ini diterima karena sejalan dengan prinsip UNJ sebagai perguruan tinggi negeri di Indonesia yang selalu berkomitmen untuk menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Termasuk demi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang berdaya saing.

UNJ juga memiliki Program Internasionalisasi dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Tahun 2020–2045 dan Rencana Strategis Bisnis (RSB) Tahun 2020–2024. Hal ini untuk mewujudkan visi UNJ “Menjadi Universitas yang Bereputasi di Kawasan Asia” dan selaras dengan kebijakan Kementerian, sehingga salah satu turunan kegiatannya adalah Magang Internasional.

Didatangi 3 pihak program magang Ferienjob

Pada Februari 2023, UNJ kedatangan sosok SS yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Provinsi Jambi dan timnya untuk menawarkan Program Magang Internasional ke Jerman.

SS mempresentasikan program ini kepada pihak UNJ dengan mengajak dua pihak lainnya, yaitu PT SHB dan CV-Gen.

Ketiganya meyakinkan UNJ bahwa PT SHB adalah perusahaan yang sudah berbadan hukum berdasarkan nomor AHU-02200096.AH.11 tahun 2021 dan Program Magang Internasional di Jerman ini menurut pihak mereka diakui oleh Pemerintah Jerman dan Indonesia.

Baca juga: Kisah Jaya, Mahasiswa yang Ikut Seleksi Program Kuliah Magang ke AS

"Bahkan SS, PT SHB dan CV-Gen menyampaikan jika Program Magang Internasional di Jerman ini sudah diikuti oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia sebelum UNJ," tulis keterangan UNJ, dari laman resminya dan dilansir pada Selasa (26/3/2024). 

Bahkan, pihak SS menyebut program ini sudah sukses diterapkan di Universitas Binawan.

"Saat ditanyai mengenai apa benar ini program magang, SS, PT SHB, dan CV-Gen menyatakan dan menjamin bahwa ini adalah program magang yang dilakukan selama tiga bulan," tulis pihak UNJ lagi.

Karena semangat untuk mendukung dan menyukseskan MBKM, Program Internasionalisasi UNJ dan pencapaian IKU 2, yaitu Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, serta indikator World University, maka tanggal 19 Mei 2023 dilaksanakan seminar Program Magang Internasional di Jerman di lantai 8 Gedung Syafe’i.

Ketiga narasumber yaitu SS, ER selaku Director of SHB, dan SM dari Jerman yang merupakan mahasiswa alumni Program Magang Internasional di Jerman tahun 2022 datang untuk memaparkan program ini.

SM diminta pihak SHB untuk memberikan testimoni pengalaman magang di Jerman.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com