Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Generasi Muda Berani Bersuara, "TEDxYouth@SWA" Kembali Digelar

Kompas.com - 10/03/2024, 09:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sinarmas World Academy (SWA) kembali menghadirkan konferensi inspiratif TEDxYouth@SWA pada Sabtu, 9 Maret 2024 mengangkat tema "The Passion for Growth: Curiosity, Discovery, and Identity".

Acara ini bertujuan mendorong generasi muda menemukan identitas diri dan bertumbuh dengan penuh keyakinan. Kegiatan ini merupakan inisiatif para siswa SWA yang ingin berkontribusi dalam menyebarkan ide-ide positif dan isu-isu lokal.

"Tujuan utama TEDx adalah memberikan suara kepada komunitas dan menyuarakan ide-ide yang membangun," ungkap Mr. Alex, guru pembimbing TEDxYouth@SWA.

Alex menjelaskan, di era penuh perubahan, menemukan jati diri menjadi sebuah tantangan bagi banyak orang. Dalam acara ini para siswa menyajikan ide-ide penting dan isu-isu lokal melalui platform internasional.

"TEDxYouth@SWA hadir sebagai wadah bagi para pembicara inspiratif untuk berbagi pengalaman dan ide, memotivasi generasi muda untuk berani mengeksplorasi potensi diri dan menemukan passion mereka," jelas Alex.

Sinarmas World Academy kembali menghadirkan konferensi TEDxYouth@SWA pada Sabtu, 9 Maret 2024.
DOK. SWA Sinarmas World Academy kembali menghadirkan konferensi TEDxYouth@SWA pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Lebih dari sekadar konferensi, TEDxYouth@SWA juga menjadi platform bagi para siswa untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berorganisasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

"Kami di SWA memiliki kurikulum yang menyeimbangkan antara pengembangan akademis dan soft skill. Selain memberikan pengetahuan, kami juga mengembangkan kreativitas, pola pikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi," kata Alex.

 

Acara ini merupakan bagian dari program Creativity, Activity, and Service (CAS) di SWA yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter dan kepemimpinan siswa.

Sejumlah pembicara inspiratif hadir untuk menyemarakkan acara ini, di antaranya Anke Ardine (Atlet Lari dan Model), Asmaranny Mantik (Pendidik), dr. Adrian Reynaldo Sudirman (Dokter), dan dr. Ricky Edwin Hutapea, Sp.OT (K) (Konsultan pinggul dan lutut Eka Hospital).

Sinarmas World Academy kembali menghadirkan konferensi TEDxYouth@SWA pada Sabtu, 9 Maret 2024.
DOK. SWA Sinarmas World Academy kembali menghadirkan konferensi TEDxYouth@SWA pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Selain itu hadir pula sebagai pembicara; Edward Suhadi (Creative Director Ceritera Storytelling), Felisa Tan (seniman fotografi dan penulis), Haryanto Salim (mentor desain & teknologi), dan Michael Sung (Director Ever Shine Tex).

Para siswa dan guru SWA juga turut berbagi pengalaman mereka dalam menemukan identitas diri. Salah satunya adalah Bella, siswa kelas 5 yang menceritakan kisahnya tentang keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru, seperti panjat tebing.

Baca juga: Alat Berbasis AI Ini Bisa Bantu Guru Koreksi Tugas Siswa Pakai ChatGPT

"Kami berharap TEDxYouth@SWA dapat menginspirasi generasi muda untuk menjadi pemimpin masa depan yang berpikiran terbuka, kreatif, dan berani menyuarakan ide-idenya," tutup Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com