Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Resmikan Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional Maret 2024

Kompas.com - 28/02/2024, 12:29 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) segera meluncurkan pengesahan Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional.

Pengembang Ahli Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud Ristek, Taufiq Damardjati mengatakan, peluncuran itu ditargetkan diadakan pada Maret 2024.

"Bulan Maret ini insyaAllah (diluncurkan)" kata Taufiq kepada Kompas.com di The Langham Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Kurikulum Merdeka Dinilai Belum Layak Jadi Kurikulum Nasional

Taufiq mengatakan, awalnya peluncuran Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional akan digelar pada Februari 2024. Namun, karena Kemendikbud masih meminta banyak masukan dari berbagai pihak, maka peluncuran Kurikulum Merdeka ditunda.

"Tapi karena kami berusaha memdapatkan banyak masukkan dari masyarakat mengenai bagaimana Kurikulum Merdeka ini diimplementasikan, jadi agak molor sedikit," ujarnya.

Selain itu, lanjut Taufiq, pihaknya juga memerlukan waktu lebih banyak karena harus meminta persetujuan oleh presiden terlebih dahulu.

"Kami kan juga dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini membutuhkan persetujuan dari presiden," ungkapnya.

Baca juga: Inovasi-Inovasi Sekolah dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka

"Karena ini sedikit berbeda dengan regulasi-regulasi Kemendikbud yang lain karena ini efeknya nasional it takes longer time," lanjutnya.

Terkait masih banyaknya guru yang saat ini belum menggunakan Kurikulum Merdeka, kata Taufiq, nantinya akan diberikan waktu untuk melakukan peralihan.

Kemendikbud, lanjut Taufiq juga akan tetap optimistis Kurikulum Merdeka tetap bisa disahkan sebagai kurikulum nasional.

"Kami optimistis (Kurikulum Merdeka di sah kan jadi kurikulum nasional)," pungkas Taufiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com