Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Ferdy Anak Buruh yang Lulus dengan IPK Tertinggi di UNY

Kompas.com - 27/02/2024, 17:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ferdy Agus Viryanto mengalami jauh dari orangtua saat kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Meski demikian, hal itu tak mematahkan semangatnya untuk menimba ilmu di pendidikan tinggi.

Bahkan, dia menjadi wisudawan dengan IPK tertinggi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebesar 3,95.

Ferdy merupakan anak kedua dari dua bersaudara dan berasal dari Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Kisah Lodi, Dua Kali Kuliah di Belanda demi Bangun Tanah Leluhur

Pria kelahiran Nibung ini mengisahkan, bahwa dirinya sudah berkeinginan untuk melanjutkan studi di UNY dan memiliki minat yang besar terhadap program studi Statistika sejak duduk di bangku SMA.

"Saya tertarik dengan statistika karena sangat menyukai matematika dan tertarik dengan pengolahan data sehingga ingin mempelajari lebih dalam” ujar Ferdy dilansir dari laman UNY.

Awalnya, dia mendaftar melalui jalur SNMPTN tetapi gagal.

Namun, keinginan yang besar untuk masuk ke Statistika UNY serta dukungan dari orangtua dan keluarga, hal itu membuatnya diterima di Prodi Statistika FMIPA UNY pada jalur SBMPTN 2020.

Anak kedua pasangan Imro’ah dan Sumiati ini mengaku selalu mengatur waktu belajar supaya tidak terlena dengan jam pembelajaran kuliah yang tidak sepadat saat sekolah dulu.

"Di sela-sela waktu tersebut, saya selalu belajar materi perkuliahan sebelum proses pembelajaran dimulai. Saya selalu membuat rancangan belajar atau to do list dengan membuat urutan prioritas terhadap matakuliah yang sulit dan tugas dengan tenggat waktu yang dekat sehingga selalu mengumpulkan semua tugas sebelum tenggat waktunya," jelas Ferdy.

Baca juga: Kisah Fauzan, Ikut Lomba Langsung Dapat Tawaran Kerja dan Lanjut S2

Dia juga selalu serius dalam menyimak pembelajaran, sehingga seluruh materi yang disampaikan dapat dipahami.

Ferdy pun selalu berusaha untuk mempertahankan dan meningkatan IP di setiap semester, dengan cara mengingat dan memahami kembali materi yang masih berhubungan dengan mata kuliah lanjutan di semester berikutnya, agar dapat lebih mudah dalam memahami dan meningkatkan IPK.

Mahasiswa yang sering ikut lomba saat kuliah

Selain proses pembelajaran, dia juga aktif dalam mengikuti lomba Satria Data (Statistika Ria Dan Festival Sains Data) dari tahun 2021 hingga 2023.

"Selama 3 tahun tersebut, saya berpartisipasi dalam cabang lomba SIC (Statistics Infographic Competition)," tutur Ferdy.

Pada tahun 2022 dan tahun 2023, Ferdy berpartisipasi dalam cabang lomba NSC (National Statistics Competition) dan berhasil masuk ke babak semifinal.

Selain itu, dia juga pernah menjadi finalis lomba infografis dalam acara Statistics Explore 2021 di Universitas Syiah Kuala.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com