Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram UGM Paling Populer di Kalangan Perguruan Tinggi Indonesia

Kompas.com - 26/02/2024, 18:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menorehkan capaian yang membanggakan di ranah media sosial (medsos).

Dalam Instagram University Ranking 2024 yang dirilis UniRank beberapa waktu lalu, UGM masuk dalam peringkat tiga besar perguruan tinggi terpopuler, bersanding dengan Harvard University di peringkat pertama dan University of Oxford di peringkat kedua.

Baca juga: UGM Dorong Peningkatan Kualitas Dosen

Dengan jumlah pengikut sebanyak 1.305.015 pada saat penilaian, UGM menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran lima besar, dan mempertahankan capaian sebagai yang terpopuler di Indonesia.

Saat ini, jumlah pengikut Instagram UGM telah mencapai sekitar 1,3 juta orang.

"Dua tahun lalu masih ada di peringkat 10 di dunia, tapi tahun ini kita bisa melejit ke peringkat 3. Ini merupakan buah dari kerja keras tim pengelola medsos UGM dengan dukungan dari berbagai pihak, untuk secara konsisten menghadirkan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat," ucap Sekretaris Universitas, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu dilansir dari laman UGM, Senin (26/2/2024).

Sandi menuturkan, pengelolaan medsos memang penuh dengan tantangan. Selain harus mempelajari perkembangan pada masing-masing platform dan tren yang terus berubah, pemantauan terhadap isu-isu seputar UGM juga menjadi aspek yang penting untuk dilakukan secara konsisten.

Keragaman demografi sasaran audiens di masing-masing platform media sosial juga menghadirkan tantangan tersendiri dalam proses perancangan dan produksi konten.

"Tentu tidak mudah mengemas suatu substansi yang berbobot ke dalam kemasan yang menarik dan mudah diterima oleh para audiens. Selalu ada ruang untuk berbenah, dan kami berkomitmen untuk terus bergerak maju," ujar dia.

Selain Instagram, UGM juga menjadi perguruan tinggi terpopuler di Indonesia pada platform Tiktok, seperti yang ditunjukkan oleh hasil riset RevoU pada tahun 2023.

Baca juga: Kisah Prama, Guru Besar Termuda di UGM pada Usia 35 Tahun

Pada kedua platform tersebut, UGM juga menjadi akun perguruan tinggi pertama yang memperoleh verifikasi atau centang biru.

Di samping pengembangan akun media sosial utama UGM, penguatan akun media sosial yang dikelola oleh fakultas dan unit kerja lainnya juga terus digencarkan.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengaktifkan forum kehumasan sebagai wadah bagi para pengelola media sosial untuk belajar dari para ahli dan juga saling berbagi.

Dia berharap, seluruh akun media sosial ini dapat digunakan untuk mempublikasikan keunggulan, kiprah, kontribusi, serta marketing UGM dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

Baca juga: 8 Jurusan Teknik di UGM Sepi Peminat pada SNBP 2024

"Medsos jadi platform yang sangat efektif untuk memberikan layanan informasi sekaligus membangun kedekatan dengan publik. Kami mengapresiasi perhatian dan masukan, baik yang datang dari sivitas UGM maupun pihak lain. Semoga capaian ini memberikan motivasi dan semangat lebih bagi kami untuk terus berkembang," tutup Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com