Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Politeknik Swasta Buka Pendaftaran 2024 lewat Seleksi Bersama SMBPS

Kompas.com - 23/02/2024, 09:42 WIB
Risky Permana Hidayat,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 53 Politeknik Swasta yang tergabung dalam Perkumpulan Politeknik Swasta Indonesia (Pelita) membuka pendaftaran mahasiswa baru 2024 melalui Seleksi Masuk Bersama Politeknik Swasta (SMBPS) 2024 mulai Kamis (22/02/2024).

Seleksi Masuk Bersama Politeknik Swasta (SMBPS) dinilai menjadi suatu pencapaian baru bagi dunia vokasi Indonesia, khususnya bagi Politeknik Swasta.

Baca juga: MNP dan 31 Politeknik Swasta Deklarasikan Berdirinya Pelita Indonesia

“Dari 53 instansi regional politeknik yang masuk, kami masih menunggu jika memang ada penambahan setelah kami membuka program SBMPS hari ini, jika bapak dan ibu belum terdaftar Instansinya silahkan untuk melakukan administrasi ulang keanggotaan pelita,” ucap Roy Anthonius Susanto selaku ketua bidang promosi Pelita.

Sementara itu, Ketua Umum Pelita Akhwanul Akhmal berharap, penambahan Instansi Regional Politeknik Swasta yang bergabung di Pelita menjadi salah satu gebrakan untuk menambah citra sekaligus jumlah calon mahasiswa baru.

“Kami mengharapkan dengan penambahan Instansi dan Program baru Seleksi Bersama Politeknik Swasta ini dapat meningkatkan jumlah calon mahasiswa, memang dari dulu kami memiliki permasalahan pada fokus penerimaan mahasiswa baru setelah aturan PTN-BH dan Politeknik swasta selalu dijadikan "second choice" oleh calon mahasiswa," ujar Akhwanul.

Baca juga: UPJ dan ITC Bersinergi Perkuat Politeknik Swasta Indonesia lewat Program Erica

Sebanyak 53 Instansi yang bergabung di tahun 2024 menyebar hampir dari seluruh wilayah Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, Bali, Aceh, Yogyakarta, Sulawesi, Riau, Sumatera, Kalimantan dan Jambi.

Untuk program SBMPS akan dilaksanakan serentak mulai dari 4 Maret 2024 - 3 Juli 2024 yang dapat diikuti oleh seluruh calon mahasiswa.

Untuk jalur masuk SBMPS hanya menggunakan nilai rapor sesuai dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan dapat menyesuaikan KKM di regional masing-masing.

Baca juga: Cek Daya Tampung Politeknik Negeri Jakarta di SNBP 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com