Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurusan Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Cek Syarat Masuknya

Kompas.com - 02/02/2024, 16:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun memiliki beberapa jurusan yang bisa kamu pilih di pendaftaran di sekolah kedinasan 2024.

Sekolah kedinasan milik Kemenhub (Kementerian Perhubungan) ini berada di di Jalan Tirta Raya Kota Madiun, Jawa Timur.

Dilansir dari laman resminya, lulusan Politeknik Perkeretaapian Indonesia tidak hanya bisa bekerja mengabdi di pemerintahan saja.

Tetapi juga perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional maupun internasional. Sehingga lulusan PPI Madiun nantinya bisa berkiprah di tingkat global.

Baca juga: Jurusan dan Syarat Masuk PIP Semarang, Sekolah Kedinasan Kemenhub

Jurusan di Politeknik Perkeretaapian Indonesia 

Bagi siswa yang tertarik mendaftar di Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun pada penerimaan sekolah kedinasan 2024, berikut jurusan dan jalur masuk yang bisa dimanfaatkan para siswa:

1. D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.

2. D3 Teknologi Elektro Perkeretapian (TEP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

3. D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA/IPS sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan, Logistik.

4. D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian (TMP)

Jurusan terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Energi Terbarukan, Teknik Perkapalan dan Teknologi Pesawat Udara (kecuali Aircraft Electricity dan Aviation Electronics).

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Sekolah Kedinasan Kemenhub

Siswa yang berencana mendaftar di Politeknik Perkeretaapian Indonesia pada Maret 2024 mendatang, berikut syarat masuknya jika mengacu pada penerimaan sekolah kedinasan Kemenhub 2023:

  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg)
  • KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb
  • Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 semester) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12
  • Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kb dengan format .jpg)

Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB yang terdiri atas:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com