Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Lulusan SMK Bisa Daftar Poltek SSN? Simak Jawabannya

Kompas.com - 17/02/2024, 06:42 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apakah lulusan SMK bisa daftar Poltek SSN atau Politeknik Siber dan Sandi Negara pada pendaftaran sekolah kedinasan 2024?

Hal ini perlu diketahui lulusan SMK yang mungkin berminat mendaftar sekolah kedinasan milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang berada di Jalan Raya H. Usa, Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran sekolah kedinasan 2024 akan dibuka pada minggu ketiga bulan Maret mendatang.

Sebelum tahu apakah lulusan SMK bisa daftar Poltek SSN atau tidak, kamu perlu tahu bahwa Poltek SSN bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia terdidik yang memiliki kompetensi khusus di bidang Keamanan Siber dan Persandian serta mempunyai karakter kuat sesuai dengan Etos Sandi.

Baca juga: Syarat Masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara atau Poltek SSN, Lulus Jadi CPNS

Apakah lulusan SMK bisa daftar Poltek SSN?

Sekolah tinggi sandi negara atau Poltek SSN ini termasuk sekolah dengan ikatan dinas. Sehingga lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia.

Lantas apakah lulusan SMK bisa daftar Poltek SSN? Jika mengacu pada syarat pendaftaran Poltek SSN pada tahun 2023, lulusan SMK diperbolehkan mendaftar di sekolah kedinasan yang satu ini. Hal tersebut tertuang di kriteria siswa yang boleh mendaftar Poltek SSN.

Kriteria pendaftar Poltek SSN adalah siswa kelas XII atau lulusan:

1. SMA Jurusan IPA

2. Madrasah Aliyah Jurusan IPA

3. SMK Teknik Elektronika:

  • Teknik Audio Video
  • Teknik Elektronika Industri
  • Teknik Mekatronika
  • Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi

4. SMK TI bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi :

  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknik Komputer dan Jaringan
  • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

Dari penjelasan tersebut sehingga bisa disimpulkan bahwa lulusan SMK yang mau mendaftar Poltek SSN diperbolehkan, asalkan jurusanmu sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Syarat daftar Poltek SSN

Dalam rilis terbaru di laman resminya, pada tahapan SPTB Poltek SSN, disampaikan bahwa terdapat aturan baru pada SPTB Poltek SSN tahun 2024, yakni Seleksi Penerimaan Taruna Poltek SSN Tahun 2024 akan menggunakan hasil UTBK-SNBT Tahun 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Seleksi Akademik pada SPTB Poltek SSN Tahun 2024 menggunakan nilai UTBK SNBT 2024. Selain nilai UTBK 2024, berikut persyaratan penerimaan taruna taruni baru Poltek SSN tahun 2023, berikut persyaratan untuk mendaftar Sekolah Tinggi Sandi Negara atau Poltek SSN.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com