Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Sekolah Kedinasan Poltek Nuklir? PMB 2024 Segera Dibuka

Kompas.com - 05/11/2023, 13:52 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia (Poltek Nuklir) segera buka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024.

Dilansir dari laman Poltek Nuklir, Jumat (3/11/2023), perguruan tinggi vokasi ini membuka program Diploma IV (D4).

Adapun Poltek Nuklir yang terletak di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini mengusung konsep Nuclear Teaching Laboratory & Industry.

Hal itu diungkapkan Adi Abimanyu, Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Poltek Nuklir di hadapan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA/MA Kabupaten Bantul DIY, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Poltek Nuklir Siap Cetak Lulusan Berdaya Saing Global

"Harapannya mahasiswa ketika kuliah hingga lulus nanti memiliki area untuk berlatih, sehingga gap antara pendidikan dan kebutuhan industri bisa dipotong," ujarnya.

Dijelaskan, konsep pendidikan yang dilakukan adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang:

  1. Irradiator
  2. Teknologi Analisis Nuklir
  3. Non Destructive Testing (NDT)
  4. Pengolahan Mineral Radioaktif
  5. Pengolahan Limbah Radioaktif
  6. Reaktor
  7. Keselamatan Radiasi dan Nuklir

Sedang Poltek Nuklir memiliki tiga program studi yang dapat dipilih mahasiswa yaitu:

1. Teknokimia Nuklir

2. Elektronika Instrumentasi

3. Elektro Mekanika

"Keunggulan kuliah di Poltek Nuklir adalah adanya bantuan riset yang diberikan BRIN kepada Mahasiswa, menjadi Research Assistance peneliti BRIN, adanya bantuan biaya studi, hingga bantuan studi lanjut S2 dan S3 dari BRIN," jelas Abimanyu.

Baca juga: 4 Jenis Nutrisi untuk Tingkatkan Konsentrasi, Mahasiswa Bisa Coba

Tak hanya itu saja, untuk menyiapkan lulusan Poltek Nuklir yang siap terjun ke dunia kerja, mahasiswa juga dibekali dengan sertifikasi kompetensi.

Sertifikasi ini diantaranya sebagai Petugas Proteksi Radiasi (PPR) Industri tingkat 1, PPR Medis tingkat 1, Ultrasonic Testing (UT) Level 2, Operator Radiografi, K3 Umum serta Analis Pengolah Limbah B3.

"Poltek Nuklir memfasilitasi penyediaan SDM yang terdidik dan tersertifikasi. Jadi ketika mahasiswa lulus, tidak hanya mendapat ijazah, tapi juga memiliki lisensi sertifikasi kompetensi yang dibutuhkan industri," ungkapnya.

PMB TA 2024/2025 Poltek Nuklir

Menurut Abimanyu, direncanakan akan ada dua jalur regular yang dibuka yaitu jalur Prestasi dan jalur Ujian Tulis.

Jalur Prestasi gelombang 1 direncanakan akan dimulai pada 13 November – 20 Desember 2023.

Dalam kesempatan yang sama Poltek Nuklir juga mengenalkan pemanfaatan aplikasi iptek nuklir dan praktikum penggunaan alat ukur radiasi kepada para guru BK tersebut.

Ketua MGBK SMA-MA Kabupaten Bantul, Hartuti merespon positif momentum ini. Sebab kegiatan ini merupakan sebuah hubungan simbiosis mutualisme.

Baca juga: 8 Beasiswa S1-S3 Buka Pendaftaran di Akhir 2023 dan Awal 2024

"Kita dapat memperoleh wawasan tentang Poltek Nuklir secara langsung yang bisa kita sampaikan ke anak didik," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com