Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara atau Poltek SSN, Lulus Jadi CPNS

Kompas.com - 15/01/2024, 10:56 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Sandi Negara atau kini disebut Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) adalah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Poltek SSN bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia terdidik yang memiliki kompetensi khusus di bidang Keamanan Siber dan Persandian serta mempunyai karakter kuat sesuai dengan Etos Sandi.

Sekolah tinggi sandi negara atau Poltek SSN ini termasuk sekolah dengan ikatan dinas. Sehingga lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia.

Poltek SSN berada di Jalan Raya H. Usa, Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: 10 Sekolah Ikatan Dinas yang Sepi Peminat, Ada yang Milik Kemenhub

Sekolah Tinggi Sandi Negara atau Poltek SSN

Lulusan SMA/SMK yang tertarik mendaftar di sekolah kedinasan ini perlu tahu program studi (prodi) hingga syarat masuknya.

Dilansir dari laman resminya, berikut prodi yang ada di sekolah tinggi sandi negara dan syarat masuknya:

Poltek SSN memiliki 3 program studi Diploma IV dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam 8 semester selama 4 tahun. Berikut prodi yang bisa kamu pilih di sekolah tinggi sandi negara atau Poltek SSN

1. Program studi Rekayasa Keamanan Siber

Kurikulum Prodi Rekayasa Keamanan Siber (RKS) telah disusun pada tahun 2016 berdasarkan perkembangan terkini dalam keamanan siber, sehingga diyakini dapat menjawab tantangan tugas Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di ranah keamanan siber.

Prodi RKS merupakan jenis program studi terapan (vokasi) sehingga untuk setiap Satuan Kredit Semester (SKS) alokasi pengajaran yang diberikan memenuhi komposisi 40 persen teori dan 60 persen praktikum/responsi.

Prodi RKS memiliki kurang lebih 2.434 jam praktikum untuk mencapai kompetensi keahlian/ keterampilan khusus lulusan prodi.

2. Program studi Rekayasa Kriptografi

Prodi Rekayasa Kriptografi (RK) memiliki 2 bidang minat, yaitu Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi dan Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi.

3. Program studi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi

Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) melakukan pengembangan ilmu spesifik yang berkaitan dengan Embedded System Computer Engineering, Cyber Phisical System, dan Cryptographic Hardware Engineering.

Mengacu pada persyaratan penerimaan taruna taruni baru Poltek SSN tahun sebelumnya, berikut persyaratan untuk mendaftar Sekolah Tinggi Sandi Negara atau Poltek SSN.

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Pria, dengan usia minimal 17 tahun dan tidak melebihi dari 21 tahun pada tanggal 31 Desember 2022.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com