Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Surat Keterangan Tidak Mampu Bisa untuk Daftar KIP Kuliah 2024?

Kompas.com - 16/02/2024, 18:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) biasa digunakan pelajar untuk mengajukan keringan biaya sekolah atau kuliah.

SKTM dikeluarkan oleh pemerintah setempat di tingkat kecamatan dengan melampirkan beberapa dokumen kependudukan pendukung.

Selain menjadi syarat pengajuan keringanan biaya pendidikan, SKTM ternyata juga bisa digunakan untuk mendaftar program bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 yang pendaftarannya sudah dibuka. 

KIP Kuliah 2024 memberikan bantuan dana pendidikan penuh sekaligus biaya hidup bagi calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan KIP Kuliah 2024.

Baca juga: Jadwal Daftar KIP Kuliah SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri PTN-PTS 2024

Dikutip dari laman resmi KIP Kuliah, SKTM dijadikan bukti kondisi keuangan pelamar bantuan program KIP Kuliah. Meski demikian, tetap ada kriteria pendapatan tertentu yang harus dipenuhi pelamar KIP Kuliah sebelum membuat SKTM.

Kriterianya adalah orangtua atau wali pelamar harus melampirkan bukti pendapatan kotor gabungan paling banyak Rp 4 juta setiap bulan.

Pelamar juga bisa melampirkan bukti pendapatan kotor gabungan orangtua atau wali dengan ketentuan dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak yakni Rp 750.000.

Syarat dan cara buat SKTM

Apabila ingin membuat SKTM, kamu harus menyiapkan syarat-syarat sebagai berikut sebagaimana dilansir dari laman resmi SIPPN Menpan:

1. Membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK)

2. Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran UI, UGM, Unpad, Unair, dan UB pada 2024

3. Membawa surat keterangan tidak mampu dari kepala desa/lurah yang diketahui oleh camat

4. Harus masuk didalam Basis Data Terpadu (BDT)

5. Apabila syarat nomor empat tidak termasuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) harus membawa surat keterangan diagnosa dari dokter

Sementara untuk membuat SKTM setiap daerah memiliki syarat dan alur pembuatan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya pastikan perhatikan betul tata cara pembuatan SKTM di daerahmu ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com