Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unair Sebut Kriteria Prestasi untuk Tingkatkan Peluang Lolos SNBP 2024

Kompas.com - 12/02/2024, 08:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Mohammad Nasih menegaskan, Unair tidak memiliki kuota khusus untuk meloloskan langsung siswa SMA/MA dan SMK dari sekolah terbaik.

Prof. Nasih menegaskan, semua sekolah akan melewati proses seleksi yang sama dan setiap tahunnya akan selalu ada perubahan pada jumlah siswa yang diterima di tiap SMA/MA.

“Banyaknya siswa yang diterima itu berfaktor pada mekanisme pasar, perubahan akan terus terjadi tanpa ada kuota khusus,” kata Prof Nasih dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Rektor: Jadi Mahasiswa Unair Tak Perlu Khawatir Soal Biaya Kuliah

Selain itu, Prof. Nasih juga mengingatkan bahwa keketatan masuk program studi (Prodi) di Unair dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 tidak bisa diprediksi.

Menurut Prof. Nasih, keketatan prodi di Unair setiap tahunnya selalu berbeda berdasarkan peminatan calon mahasiswa.

"Misalnya, di tahun lalu prodi A lebih ketat daripada prodi B, di tahun ini bisa saja terbalik, ujarnya.

“Hal ini memang di luar kendali, selain berusaha dengan keras tak lupa untuk ikhtiar agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan,” lanjut dia.

Prof Nasih menjelaskan, semua prodi di Unair sudah terakreditasi unggul dan berstandar internasional menyebabkan peminat masuk Unair semakin banyak.

Baca juga: Unpad Pastikan Biaya Kuliah UKT 2024 Tidak Naik

Semakin banyaknya peminat, membuat keketatan masuk prodi di Unair di SNBP 2024 tidak bisa diprediksi.

“Tentunya, hal ini menunjukkan bahwa seluruh program studi di Unair merupakan program studi yang berkualitas dan terakreditasi. Tiada kata keraguan lagi bagi calon mahasiswa baru untuk memilih Unair sebagai tujuan pendidikan,” pungkas Prof. Nasih.

Sementara itu, terkait prestasi yang menjadi salah satu penilaian pada SNBP, Prof Nasih menyebut salah satu kriteria penilaian prestasi ialah penyelenggara lomba.

Prof Nasih menilai, prestasi bertaraf internasional dan nasional akan menjadi nilai plus bagi calon mahasiswa di SNBP. Termasuk raihan juara juga menjadi faktor. Misalnya, apakah siswa merupakan juara utama atau juara 1 hingga juara 3.

Sekadar informasi, saat ini SNBP sudah memasuki pembuatan akun SNPMB, sementara tahapan pendaftaran SNBP akan dibuka mulai 14 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com