Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unair: Keketatan Prodi pada SNBP Sulit Diprediksi

Kompas.com - 09/02/2024, 16:12 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof. Mohammad Nasih mengaku keketatan program studi (Prodi) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tidak dapat diprediksi

Di Unair saja, kata dia, keketatan prodi setiap tahunnya mengalami perubahan.

Baca juga: Daftar Prodi Baru SNBP 2024 di ITB, UGM, IPB dan Undip

Perubahan itu didasari oleh tingginya peminat dari prodi yang terus berubah-ubah, sehingga tidak ada acuan yang pasti untuk keketatan prodi.

"Sebagai contoh, di tahun lalu prodi A lebih ketat daripada prodi B, di tahun ini bisa saja terbalik. Hal ini memang diluar kendali, selain berusaha dengan keras tak lupa untuk ikhtiar agar dapat memperoleh hasil yang diinginkan," kata Prof. Nasih dilansir dari laman Unair, Jumat (9/2/2024).

Dengan kualitas yang diberikan Unair, tentunya peminat setiap tahunnya kian menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Peningkatan peminat itu menjadi kekhawatiran bagi sejumlah guru dan calon mahasiswa baru. Pasalnya, sebagian besar mereka menganggap bahwa sulit untuk berhasil di Unair.

Prof. Nasih menegaskan, Unair tidak memiliki kuota khusus untuk SMA/MA dan SMK terbaik untuk dapat lolos pada seleksi perguruan tinggi.

Semuanya, bilang dia, akan melalui seleksi yang sama melalui prestasi dan keunggulan dari calon mahasiswa yang mendaftar.

Dia menambahkan, semua sekolah akan melewati proses seleksi yang sama. Setiap tahunnya akan selalu ada perubahan pada jumlah siswa yang diterima di tiap SMA/MA. Hal ini sebagai wujud Unair yang transparan.

"Banyaknya siswa yang diterima itu berfaktor pada mekanisme pasar, perubahan akan terus terjadi tidak ada kuota khusus," jelas Prof. Nasih.

Baca juga: Cek 7 Prodi Baru Unsoed dan Daya Tampung SNBP 2024

Kriteria yang lolos SNBP

Selain menjadi siswa eligible, prestasi siswa menjadi salah satu penilaian pada SNBP.

Prof. Nasih menyebut, adapun beberapa kriteria prestasi yang dapat diajukan sebagai prestasi pada SNBP, seperti prestasi bertaraf internasional dan nasional.

Prestasi itu akan menjadi nilai plus bagi calon mahasiswa di SNBP. Raihan juara juga menjadi faktor, bisa juara utama atau juara 1 sampai juara 3.

Kuota mahasiswa baru Unair

Di 2024, dia mengungkapkan, Unair membuka kesempatan bagi 9.900 calon mahasiswa baru. Semua calon mahasiswa itu dialokasikan dari program D3, D4, hingga S1 yang tersebar di 64 program studi (prodi) terbaik Unair.

Prof. Nasih menambahkan, hampir seluruh prodi di Unair telah terakreditasi unggul.

Baca juga: 44 PTN Buka Prodi Baru untuk Program D4 dan S1 pada SNBP 2024

"Bukan hanya unggul, tapi juga terakreditasi internasional. Tentunya, hal ini menunjukkan bahwa seluruh prodi di Unair berkualitas dan terakreditasi. Tiada kata keraguan lagi bagi calon mahasiswa baru untuk memilih Unair sebagai tujuan pendidikan lanjutannya," tutup Rektor Unair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com