Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Buka Pendaftaran S2 Tahun 2024, Ini Syaratnya

Kompas.com - 03/02/2024, 14:16 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Institut Teknologi Bandung atau ITB kini membuka pendaftaran S2 seluruh program studi (prodi) tahun akademik 2024 - 2025.

Mahasiswa lulusan S1 atau D4 bisa mendaftar S2 di ITB mulai tanggal 13 Februari.

ITB membuka pendaftaran S2 ini dalam empat gelombang. Bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, berikut syarat kuliah S2 ITB.

Persyaratan daftar S2 ITB 2024

Calon mahasiswa dipersilakan untuk melaksanakan pendaftaran secara online di laman Registrasi dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut:

1. Ijazah program sarjana asli

2. Transkrip program sarjana asli, mulai dari semester 1 sampai dengan semester terakhir.

3. Bukti kepemilikan asuransi kesehatan (bukan asuransi kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit. 

Baca juga: Kisah Eka, Anak Penjaga Masjid Lolos 2 Beasiswa LPDP ke Luar Negeri

ITB mewajibkan seluruh mahasiswa ITB memiliki asuransi kesehatan yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit selama melaksanakan pendidikannya di ITB.

Calon mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).

4. Pas foto

5. Pernyataan tujuan (statement of purpose) pelamaran Program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (statement of purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat Registrasi, setelah calon mahasiswa melakukan login.

6. Sertifikat TPA Bappenas asli atau Hasil Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB:

  • Persyaratan nilai TPA Bappenas/UPDA ITB minimum sebesar 475.
  • Seluruh calon peserta seleksi disarankan untuk mengikuti Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA)/TPA yang diselenggarakan ITB.
  • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut.
  • Dokumen TPA Bappenas atau UPDA ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes September 2022 – September 2024).
  • Bagi pelamar program magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan program Magister Keolahragaan (SF) yang bukan calon penerima beasiswa, persyaratan sertifikat nilai TPA Bappenas atau UPDA ITB dapat digantikan dengan mengunggah portofolio.
  • Calon Peserta Ujian Potensi Dasar Akademik (UPDA) ITB, dapat mendaftarkan diri di laman https://rupda.itb.ac.id/ dengan menggunakan alamat email yang aktif dan nomor seleksi program pascasarjana ITB.
  • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas yang masih berlaku, sertifikat wajib dikirimkan langsung oleh lembaga resmi penyelenggara tes TPA Bappenas ke ITB. Pengiriman dokumen tersebut dapat dilakukan ke alamat postgraduate@office.itb.ac.id.

7. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris:

  • ELPT ITB asli minimum sebesar 77.
  • Pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana ITB Semester II tahun 2023/2024, seluruh calon peserta seleksi diwajibkan untuk mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (ELPT ITB) yang diselenggarakan ITB.
  • Peserta seleksi program Pascasarjana ITB yang telah memiliki sertifikat ELPT ITB yang masih berlaku dapat menggunakan sertifikat tersebut.
  • Dokumen sertifikat ELPT ITB yang dapat diterima adalah dokumen yang berusia maksimum 2 tahun (berdasarkan tanggal tes September 2022 – September 2024).
  • Calon peserta yang akan mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris ELPT secara ofline dapat mendaftarkan diri dilaman https://psdm.itb.ac.id. Untuk pendaftar online dapat dilakukan pada laman akun pendaftaran program pascasarjana.

8. Ketentuan mengenai persyaratan dokumen TPA Bappenas/UPDA ITB dan dokumen ELPT ITB, bagi calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri dan/atau berkewarganegaraan asing, berlaku ketentuan berikut:

  • Calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar negeri yang mengikuti pendidikan dalam program berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris, dengan melampirkan bukti dari perguruan tinggi asalnya.
  • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang berasal dari negara berbahasa Inggris dibebaskan dari persyaratan dokumen kemampuan bahasa Inggris
  • Calon mahasiswa berkewarganegaraan asing yang memiliki indeks prestasi (GPA) sekurang-kurangnya 3.25 (skala 4) atau setara di pendidikan strata sebelumnya, dibebaskan dari persyaratan dokumen potensi dasar akademik.
  • Pada program studi tertentu, persyaratan TPA Bappenas/UPDA dan ELPT ITB tersebut dapat lebih tinggi dari nilai yang tercantum di atas.

9. Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan). Calon mahasiswa Program Pascasarjana ITB harus mendapatkan rekomendasi minimal dari 2 orang (dosen/atasan) untuk melanjutkan pendidikan di program studi yang ditujunya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com