Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 6, USU Telah Punya 171 Guru Besar Aktif

Kompas.com - 22/12/2023, 14:04 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) mengukuhkan enam guru besar baru pada Senin (18/12/2023).

Enam Guru Besar yang dikukuhkan yakni:

  1. Prof. Maya Sarah dari Fakultas Teknik
  2. Prof. Yunilas dari Fakultas Pertanian
  3. Prof. Marheni dari Fakultas Pertanian
  4. Prof. Fahmi dari Fakultas Teknik
  5. Prof. Yulianta Siregar dari Fakultas Teknik
  6. Prof. Fazidah Aguslina Siregar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Baca juga: Tambah 5, Unair Sudah Punya 355 Guru Besar

Retor USU, Prof. Muryanto Amin menyatakan, dengan tambahan itu, maka USU telah berhasil menambah 47 guru besar di sepanjang 2023.

Sedangkan sepanjang 2021-2023, USU telah memperoleh tambahan guru besar sebanyak 66 orang.

"Dengan demikian, USU sampai saat ini telah memiliki kekuatan 171 guru besar USU aktif," kata dia dilansir dari laman USU, Jumat (22/12/2023).

Dia menyatakan, setiap guru besar harus mengetahui program internasionalisasi dan indikator USU dalam academic reputation, employer reputation, faculty student ratio, international faculty, employment outcomes, sustainability, international students, citation per faculty, dan international research network.

Untuk mengakhiri 2023 ini, dia berharap setiap lembaga akan melakukan review evaluasi sekaligus menyusun langkah-langkah strategis dan taktis yang akan dijalankan pada tahun 2024.

Untuk itu, USU akan melakukan review evaluasi dari dokumen perencanaan dan prestasi yang telah diperoleh selama tahun 2023.

"Kita berada hampir di ujung tahun 2023, yang akan menjawab seluruh catatan yang telah diraih dan tertunda dari rencana individu maupun lembaga yang telah kita tetapkan di awal tahun 2023," jelas Prof. Muryanto.

Baca juga: UGM Tambah 101 Guru Besar Sepanjang 2023

Lanjut dia memaparkan tiga alasan substantif bagi USU harus masuk sebagai salah satu universitas berkelas dunia.

Pertama, menumbuhkan iklim akademik dalam standar internasional. Kedua, menumbuhkembangkan role model yang bersumber dari USU, sebagai sumbangan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Ketiga, membantu pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional melalui peran kampus yang menciptakan brand image of education tourism.

Baca juga: Tambah 1, UGM Telah Punya 465 Guru Besar

"Ketiga alasan substantif itu harus bisa kita lakukan dengan cara bergandengan tangan, saling membantu melaksanakan tugas tri dharma," pungkas Rektor USU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com