Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Mahasiswa Paramadina Gelar Pengabdian Masyarakat di Sekolah Masjid Terminal Depok

Kompas.com - 20/12/2023, 15:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Falsafah dan Peradaban Universitas Paramadina menggelar kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat (PKM) di Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok, Jawa Barat pada Jumat, 15 Desember 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Mohamad Reza Pahlevi, Maria Fatima Bona, Febri Indria Suryanti, Gunawan Widisono, Fatimah, Pratiwi Dwi Hapsari, Devani Sari dan Muaidin.

Melalui rilis resmi (20/12/2023), Ketua Kelompok PKM, Mohamad Reza Pahlevi menjelaskan, kegiatan menjadi salah satu peran nyata sivitas akademika dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dengan hadir langsung di tengah masyarakat, merumuskan masalah, dan memberi solusi.

Lebih jauh, Reza menjelaskan, kegiatan dikemas berupa gelar wicara “Masa Depan Gen-Z, Mau Jadi Apa?” dan bertujuan membuka wawasan siswa kelas XII Sekolah Master Indonesia menentukan tujuannya setelah lulus.

“Kami hadir di Sekolah Master untuk memberi wawasan dan masukan untuk adik-adik bahwa mereka mempunyai banyak peluang setelah lulus. Mereka bisa mempersiapkan dari sekarang,” ujar Reza.

Sebagai informasi, Sekolah Master Indonesia merupakan sekolah alternatif yang diperuntukkan bagi anak kaum marjinal yang kesulitan memperoleh akses pendidikan, seperti anak jalanan, anak terlantar, anak disabilitas dan anak yang berhadapan dengan hukum.

Sekolah ini tidak seperti sekolah pada umumnya yang didirikan oleh pemerintah. Bangunan berbentuk letter U tersebut terdiri dari tumpukan kontainer yang tersusun rapi sebagai ruang kelas dengan cat berwarna-warni pada bagian luar.

Bangunan yang terlihat mencolok dari pemilihan warna terletak persis di belakang Terminal Depok, Jawa Barat.

Reza menuturkan, kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran siswa kelas XII ini memberi wawasan baru dan rasa optimisme masa depan G-Z, sehingga talk show membahas seputar langkah harus diambil siswa Sekolah Master Indonesia setelah lulus sekolah.

Mulai dari memberi edukasi seputar peluang kerja di era digital, dunia kampus dan strategi mendapat beasiswa dalam dan luar negeri, memperluas jaringan hingga memanfaatkan peluang dan kesempatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah Master, Sri Lestari memberi apresiasi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat mahasiswa Universitas Paramadina yang kemas dalam talkshow.

Sri berharap kegiatan tersebut terus berlanjut dan berharap mahasiswa Universitas Paramadina terlibat menjadi volunteer di Sekolah Master Indonesia guna memberi motivasi bagi para siswa.

Baca juga: Telkom University Gelar Pengabdian Masyarakat di SMKN 1 Cimahi Perkuat Digitalisasi Pendidikan

“Kegiatan ini membuka wawasan siswa untuk langkah selanjutnya setelah lulus. Jadi kegiatan ini buat pencerahan bagi adik-adik di Sekolah Master, apalagi workshop ini diadakan oleh pihak luar sehingga mereka tidak bosan,” ungkapnya.

Kegiatan pemberdayaan ditutup dengan pemberian sertifikat dan piagam sekolah serta sertifikat dan model workshop kepada peserta dan pihak sekolah yang diterima langsung Kepala Sekolah Master, Sri Lestari dan para guru serta peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com