Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengabdian Masyarakat UBM Lakukan Pendampingan Penjual Bunga Rawa Belong

Kompas.com - 04/12/2023, 19:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Bunda Mulia (UBM) menggelar program pengayaan untuk  meningkatkan nilai jual produk bunga hias dengan penerapan platform pemasaran digital.

Kegiatan ini dilaksanakan tim pengabdian masyarakat UBM bersama penjual bunga di wilayah Rawa Belong, Jakarta Barat sebagai bagian pengabdian masyarakat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pengajaran dan penelitian.

Kegiatan berlangsung sepanjang tahun 2023 dan dilaksanakan dalam beberapa fase kegiatan mencakup kegiatan pengayaan dan optimalisasi nilai jual melalui platform digital yang dikembangkan oleh tim pelaksana UBM yang dinamakan Bunga Rawa Belong.

Pada Jumat, 24 November 2023, tim pengabdian masyarakat UBM meluncurkan aplikasi ini diikuti tokoh masyarakat dan sejumlah penjual bunga yang sudah mendaftarkan usahanya.

“Program ini akan membantu meningkatkan nilai jual produk sekaligus memberikan pengetahuan kepada masyarakat yang selama ini hanya berfokus pada penjualan yang bersifat tradisional," jelas Robi Indra, Sekjen Perkumpulan Lembaga Pedagang dan Petani Bunga Indonesia) DPW DKI Jakarta.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas UMKM, Dosen UT Gelar Pengabdian Masyarakat Industri Rumah Tangga di Depok

Marcomm Manager UBM, Angelica Pramesthiningsih menjelaskan (4/12/2023), keberhasilan kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama UBM melalui Direktorat Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) dan Kemendikbudristek melalui jalur hibah kompetitif Bima (Basis Informasi Penelitian dan PKM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com