Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Departemen Periodonsia FKG UI Gelar Pengabdian Masyarakat di IKN

Kompas.com - 17/10/2023, 17:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) melalui Departemen Periodonsia menggelar pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (7/10/2023).

Pengabdian dan pemberdayaan masyarakat FKG UI dilaksanakan dalam bentuk akselarasi bidang pendidikan dan kesehatan serta sosialisasi buku saku gigi dan gusi.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi FKG UI dan Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI, Ikatan Periodonsia Indonesia (Iperi) Pusat, serta Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Penajam Paser Utara.

Kegiatan sosialisai dan edukasi dilakukan oleh drg. Benso Sulijaya dan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia.

Hadir dalam kegiatan ini dokter gigi, perawat gigi, dan perawat umum perwakilan dari 12 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara yang masuk ke dalam wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Direktur Direktorat Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito dalam sambutan menyampaikan, pembangunan IKN yang sedang berjalan terlihat memang dari segi fisik saja. Namun pembangunan non-fisik seperti sumber daya manusia (SDM) juga pararel berjalan.

Untuk itu, Suwoto berharap adanya peran dari sektor swasta serta akademisi.

Menanggapi hal itu, drg. Benso Sulijaya menjelaskan, kegiatan bertujuan mempercepat penguatan SDM tenaga kesehatan gigi di wilayah kerja IKN dalam rangka mendukung pembangunan Nusantara.

Salah satu cara, lanjut drg. Benso adalah dengan melakukan penyegaran dan penguatan perkembangan ilmu terbaru dalam lingkup kedokteran gigi, khususnya di bidang kedokteran gigi periodonsia, serta sosialisasi buku saku gigi dan gusi.

Baca juga: Tuan Rumah Sendimas 2023, Ukrida Dorong Inovasi Pengabdian Masyarakat

"Buku saku gigi dan gusi ini merupakan buku yang berisi materi edukasi seputar kesehatan gigi dan mulut, odontogram, dan riwayat perawatan gigi," ungkapnya.

"Buku ini dibuat untuk masyarakat agar dapat mengetahui kondisi giginya serta perawatan dental apa saja yang sudah dilakukan. Harapannya buku ini dapat meningkatkan kesadaran pasien terhadap kesehatan gigi dan mulut serta meningkatkan kualitas hidup pasien," harapnya.

Drg. Mirsarinda A Leander, drg. Ayusha Dia Fawnia, drg. Rifkifani S Putra, dan drg. Minessa Mahardika merupakan mahasiswa PPDGS Periodonsia FKG UI yang ikut serta dalam melakukan penyuluhan kepada para tenaga kesehatan gigi mengenai jaringan periodontal.

Dalam materi penyuluhannya, drg. Ayusha menyampaikan mengenai penyakit periodontal, klasifikasi periodontitis terbaru, dan perawatan emergency pada abses gingiva.

Turut serta membantu persiapan kegiatan ini, drg. Stanley Aditya, drg. Nevada Permata, drg. Zalfa Karimah, drg. Ignatia Rosadi, drg. Nurul Khairiyah, drg. Sofia Zaematul, drg. Berliana Rosa, dan drg. Widya Rakhmawati.

Salah seorang peserta workshop ini, drg. Maulinda Nusantari dari Puskesmas Batuah menyampaikan, kegiatan ini sangat berdampak bagi pelayanan kesehatan gigi mulut, serta mengharapkan pengenalan buku saku gigi dan gusi ini dapat diterapkan dan berkelanjutan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan program rutin yang dilaksanakan Departemen Periodonsia FKG UI dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi.

Baca juga: FIK UPN Veteran Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan Desa Curug Jabar

Harapannya kegiatan ini akan menjadi titik awal dari hubungan kerja sama yang baik antara departemen Periodonsia FKG UI dengan Otorita IKN sehingga kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut lebih baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com