Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom University Gelar Pengabdian Masyarakat di SMKN 1 Cimahi Perkuat Digitalisasi Pendidikan

Kompas.com - 19/12/2023, 12:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim dosen dan mahasiswa Telkom University, Jakarta, menggelar program pengabdian kepada masyarakat di SMK Negeri 1 Cimahi, Jawa Barat sebagai salah satu upaya mewujudkan digitalisasi di dunia pendidikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah digelar pada 14-15 November 2023 ini melibatkan beberapa program studi (prodi) dan fakultas, yakni: prodi Teknologi Informasi (TI) Fakultas Informatika (FIF) dan prodi Sistem Informasi (SI) Fakultas Rekayasa Industri (FRI).

Kegiatan pengabdian masyarakat Telkom University dipimpin Indra Aulia didampingi lima dosen dan empat mahasiswa. Mereka adalah Deny Haryadi, Rana Zaini Fathiyana, Sasmi Hidayatul Yulianing Tyas, Nisa Dwi Angresti, Dwina Satriania, Audrey Kurvanka, Erin Haryani, Ghefira Rahma, dan Banny Juanda.

Melalui rilis resmi (19/12/2023), Indra Aulia menjelaskan, kegiatan menjadi salah satu peran nyata sivitas akademika dalam berkontribusi aktif mewujudkan digitalisasi dunia pendidikan menuju Indonesia Emas 2045.

Pengabdian masyarakat ini, lanjut Indra, menjadi wujud implementasi nilai "Akhlak" (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dan HEI (Harmony, Excellence, Integrity) dari  Yayasan Pendidikan Telkom dan Telkom University.

Lebih jauh, Indra Aulia menjelaskan, kegiatan workshop pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru SMK Negeri 1 Cimahi dalam merancang dan mengembangkan pelayanan pendidikan dalam kemasan teknologi digital melalui layanan chatbot.

Chatbot ini akan bekerja dengan cara memberikan respon sesuai pertanyaan dari pengguna yang ditampilkan dalam bentuk pilihan terkategori. Dengan demikian, layanan pendidikan dapat mudah diakses kapan saja dan di mana saja oleh seluruh pengguna di SMK tersebut.

Secara terpisah, Ketua Program Studi S1 Teknologi Informasi Telkom University, Deny Haryadi menyampaikan kegiatan ini merupakan komitmen kerja sama Telkom University dan SMK Negeri 1 Cimahi untuk berbagi pengetahuan yang berkelanjutan.

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Telkom University Kampus Jakarta, Syifa Nurgaida. Syifa berharap kegiatan ini terus berlanjut sebagai wujud kolaborasi nyata atas kontribusi Telkom University kepada Indonesia.

Dalam pembukaan kegiatan, Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri SMK Negeri 1 Cimahi, Tresna Yogaswara memberikan apresiasi terhadap program dari dosen dan mahasiswa Telkom University Kampus Jakarta.

"Kami sangat senang perguruan tinggi seperti Telkom University memiliki komitmen kuat turut aktif berkolaborasi mewujudkan program digitalisasi sekolah sehingga guru memperoleh pengetahuan baru tentang teknologi digital chatbot yang ke depan dapat diajarkan kembali di sekolah ini," ungkapnya.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian sertifikat pelatihan, penghargaan dan modul workshop kepada peserta dan pihak sekolah yang disaksikan langsung Wakil Direktur I Telkom University Kampus Jakarta, Christanto Triwibisono.

Christanto Triwibisono berharap kolaborasi dan kontribusi ini dapat mempercepat terwujudnya digitalisasi dunia pendidikan Indonesia dalam menggapai Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas UMKM, Dosen UT Gelar Pengabdian Masyarakat Industri Rumah Tangga di Depok

"Workshop ini bukan hanya sebuah acara pembelajaran teknis, tetapi juga manifestasi dari semangat kolaborasi yang lebih inklusif," ungkapnya.

"Dengan menggabungkan kekuatan sivitas akademika perguruan tinggi dan sekolah, kita dapat membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih cerah dan inovatif," tutup Christanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com