Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesian Heritage Agency Hadirkan Ruang Wicara "Road to Warna Baru Warisan Budaya"

Kompas.com - 16/12/2023, 10:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Museum dan Cagar Budaya (Indonesian Heritage Agency/IHA) kembali menggelar Ruang Wicara bertajuk "Mereka Ulang Warisan Sejarah dalam Relevansi Masa Kini" pada 14 Desember 2023 di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta.

Sebagai informasi, IHA merupakan badan layanan umum dibawah naungan Kemendikbudristek yang saat ini bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan galeri serta 34 situs cagar budaya nasional di Indonesia.

Kegiatan Ruang Wicara kali ini merupakan penyelenggaraan kali kedua dari rangkaian tema besar "Road to Warna Baru Warisan Budaya" dengan menghadirkan ahli dan praktisi budaya dan sejarah Indonesia.

Ruang wicara "Road to Warna Baru Warisan Budaya - Shifting Cultures, Reimagining Museums" masih akan dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2023 mendatang.

Titik Umi Kurniawati selaku Koordinator Komunikasi, Kemitraan, Program, dan Pengembangan Bisnis IHA, menjelaskan “Rangkaian kegiatan ruang wicara yang kedua merupakan wujud nyata dalam upaya IHA mengoptimalisasi inovasi pelayanan museum melalui kolaborasi berbagai pihak baik para ahli, akademisi, komunitas sejarah dan budaya serta meningkatkan partisipasi publik secara berkelanjutan."

"Mengangkat pembahasan tentang pentingnya reka ulang warisan sejarah Indonesia dalam relevansi masa kini, kami berharap rangkaian kegiatan ruang wicara IHA dapat menjadi ruang untuk mendorong pengelolaan museum yang dapat relevan dengan perkembangan zaman juga kebutuhan masyarakat dan tetap memperkuat nilai budaya dan sejarah Indonesia," harapnya.

Menggaungkan narasi kebudayaan

Kegiatan ruang wicara IHA terdiri dari dua sesi utama, sesi pertama membahas terkait “Mencari Makna Baru dalam Cerita Masa Lalu” dan sesi kedua yang membahas tentang “Menggabungkan Narasi Kebudayaan Melalui Wahana Tanpa Batas”.

Ruang wicara kedua menghadirkan berbagai perwakilan ahli, pakar, dan juga praktisi budaya dan sejarah seperti Christopher Reinhart, Wendi Putranto, Siti Alisa, Alia Swastika, Alex Sihar, dan dipandu oleh Anneke Prasyanti dan Jaka Perbawa.

Baca juga: Terinspirasi dari Sebuah Desa, Wanita Asal Papua Ini Buka Lapangan Kerja dan Lestarikan Budaya Lokal

Dalam presentasi di sesi pertama, Christopher Reinhart yang merupakan seorang sejarawan menjelaskan bahwa apa yang terjadi saat ini memiliki relevansi yang erat dengan sejarah masa lalu.

"Hanya saja ada banyak sekali fakta sejarah kolonialisme yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, sehingga pemahaman yang lebih mendalam mengenai aspek-aspek sejarah kolonialisme yang belum banyak diketahui oleh masyarakat menjadi poin penting," jelasnya.

Adanya berbagai perspektif yang berbeda dalam melihat sejarah kolonialisme di Indonesia berdampak pada bagaimana masyarakat Indonesia memahami sejarah dan melestarikannya.

"Sehingga hadirnya IHA sebagai badan layanan umum dari Kemendikbudristek diharapkan dapat menghadirkan ruang edukasi sejarah dari berbagai perspektif dengan menghadirkan upaya dan inovasi yang relevan dengan generasi muda Indonesia saat ini," harapnya.

Pada sesi kedua, ruang wicara IHA membahas pentingnya menggabungkan berbagai inovasi untuk menggaungkan narasi kebudayaan.

Di antaranya, dengan memanfaatkan Art Exhibition ataupun Film sebagai media narasi warisan budaya yang dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan pemanfaatan Dana Abadi Kebudayaan Indonesia.

Dana Abadi Kebudayaan, seperti yang dijelaskan oleh Alex Sihar, Tenaga Ahli Kebijakan Publik Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek,merupakan sumber pendanaan yang secara khusus ditujukan untuk memajukan kebudayaan di Indonesia yang dikelola oleh Dana Indonesiana.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com