Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Universitas Terbuka Bisa Pakai KIP Kuliah? Cek Jawabannya

Kompas.com - 10/12/2023, 09:03 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

 

KOMPAS.com - Apakah Universitas Terbuka (UT) bisa pakai KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar)? Hal ini mungkin jadi pertanyaan sebagian calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 dan berencana memilih kuliah di Universitas Terbuka.

Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menyelenggarakan layanan pendidikan dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).

Karena fleksibilitas waktu kuliah yang diberikan, maka peminat Universitas Terbuka cukup banyak khususnya dari kalangan karyawan atau pekerja.

Makna terbuka pada Universitas Terbuka adalah mahasiswa yang kuliah di UT tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian.

Baca juga: Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024? Siswa SMA-SMK Simak Infonya

Universitas Terbuka bisa pakai KIP Kuliah

Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Sedangkan istilah jarak jauh yang diterapkan di Universitas Terbuka berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Biasanya informasi ketersediaan kuota mahasiswa dengan KIP Kuliah akan diinformasikan di masing-masing laman kampus Universitas Terbuka daerah.

Seperti di laman Universitas Terbuka Yogyakarta diinformasikan bahwa Universitas Terbuka Yogyakarta salah satu PTN yang membuka pendaftaran melalui jalur KIP Kuliah.

KIP Kuliah di UT Yogyakarta merupakan program pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa baru yang memenuhi persyaratan secara ekonomi dan akademik.

Sebagai informasi, KIP Kuliah adalah upaya untuk membantu para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Baca juga: Syarat Ekonomi Siswa Bisa Daftar KIP Kuliah 2024

Program studi mahasiswa KIP Kuliah di UT

Pendaftaran KIP Kuliah UT Yogyakarta 2023 dibuka untuk Program Studi Manajemen.

Berikut persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah di UT Yogyakarta tahun 2023. Informasi ini bisa jadi acuan bagi calon mahasiswa yang berencana mendaftar di Universitas Terbuka pada tahun 2024.

Syarat administrasi daftar KIP Kuliah di UT:

  • Siswa SMA atau sederajat yang lulus pada tahun 2023 atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya (tahun 2021 dan 2022), serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik dengan nilai rata-rata rapor 7,5 (semester 1-5).
  • Usia calon penerima KIP Kuliah setinggi-tingginya 21 tahun.
  • Untuk sekolah swasta minimal akreditasi B.
  • Bersedia menandatangani Surat Pernyataan tentang kebenaran dokumen, kesanggupan mengikuti proses studi dan mematuhi segala peraturan di lingkungan Universitas Terbuka bermaterai Rp 10.000,00.

Sedangkan persyaratan ekonomi untuk mendaftar KIP Kuliah di Universitas Terbuka adalah sebagai berikut:

1. Calon adalah pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah yang datanya dapat diakses menggunakan NISN melalui laman resmi Kemendikbud Ristek.
2. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau penerima program bantuan sosial Kementerian Sosial seperti:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com