Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Bantuan Biaya Hidup KIP Kuliah 2024, Capai Rp 1,4 Juta Per Bulan

Kompas.com - 21/11/2023, 10:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembagian Klaster Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) perlu diketahui calon mahasiswa yang berencana mendaftar KIP Kuliah 2024.

Seperti diketahui program KIP Kuliah 2024 memberikan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Bantuan berupa biaya hidup yang diberikan pada mahasiswa terpilih diberikan dalam 5 klaster besaran berdasarkan wilayahnya.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam skema baru KIP Kuliah 2023, semua penerima KIP Kuliah 2023 masih akan menerima manfaat biaya kuliah gratis, namun tidak semua menerima bantuan biaya hidup.

Baca juga: Skema Baru KIP Kuliah 2023: Tidak Semua Dapat Bantuan Biaya Hidup

Klaster KIP Kuliah 2024

Manfaat KIP Kuliah yang utama adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi). Selain itu, bantuan biaya hidup juga akan diberikan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah yang terpilih.

Bantuan biaya hidup tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Baca juga: Beasiswa S2 Double Degree ke Oxford, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 338 Juta

Berikut cakupan biaya yang diberikan KIP Kuliah bagi mahasiswa yang berhasil lolos jadi penerima manfaat KIP Kuliah 2024:

1. Pada skema KIP Kuliah, untuk program studi (Prodi) berakreditasi A, mahasiswa bisa mendapatkan biaya pendidikan maksimal Rp 12 juta per semester khusus untuk prodi bidang Kedokteran dan maksimal 8 juta untuk prodi non-kedokteran.

2. Kemudian, prodi terakreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp 4 juta.

3. Sementara itu, prodi terakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp 2,4 juta.

Kemudian, pada skema KIP Kuliah 2024, biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Tahun 2021 disesuaikan dengan indeks harga daerah.

Baca juga: Kapan Mulai Pendaftaran KIP Kuliah 2024? Cek Informasinya

Besaran biaya hidup yang diterima mahasiswa pemegang KIP Kuliah ini dibagi ke dalam lima klaster daerah. Berikut rincian klaster KIP Kuliah per daerah.

1. Klaster pertama sebesar Rp 800.000 per bulan

2. Klaster kedua sebesar Rp 950.000

3. Klaster ketiga sebesar Rp 1,1 juta

4. Daerah klaster keempat sebesar Rp 1.250.00

5. Klaster kelima sebesar Rp 1.400.000.

Baca juga: 9 Dokumen yang Dibutuhkan untuk Daftar LPDP 2024

Demikian informasi mengenai klaster KIP Kuliah 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Jika kamu mendaftar jalur SNBP 2024, perlu diperhatikan jadwal KIP Kuliah biasanya juga bersamaan dengan dibukanya jadwal penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com