Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SNPMB 2024 Sebut Soal UTBK SNBT Sudah Menerapkan Asas Keadilan

Kompas.com - 09/12/2023, 20:07 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Ganefri mengatakan, soal Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) sudah menerapkan asas keadilan.

Menurut dia, semua soal yang ada di SNBT nantinya akan bisa dikerjakan semua siswa baik yang ikut bimbingan belajar (Bimbel) ataupun tidak.

"Ini sangat berkeadilan. Materi tes ini tanpa bimbel pun anak-anak bisa ikut. Jadi memang diberi kesempatan. Inilah yang kita maksud berkeadilan," kata Ganefri di Kantor Kemendikbud Ristek, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: Kisi-kisi Soal Ujian UTBK SNBT 2024: 2 Materi dan 7 Subtes

Ganefri mengatakan, materi UTBK tahun 2024 masih sama seperti tahun 2023 yakni Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika dan, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Terkait model soal dalam UTBK SNBT 2024, nantinya ada pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks, dan melengkapi rumpang atau isian.

Ketua Pelaksana SNPMB Tjitjik Srie Tjahjandarie mengatakan, UTBK SNBT 2024 bentuk soal yang dirancang soal selain soal pilihan ganda, pilihan ganda komplek memang akan ada soal isian.

"Tetapi adik-adik tidak terlalu khawatir karena soal-soal isian sederhana. Bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang atau harus menuliskan rumus, tidak seperti itu," beber Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam konferensi pers SNPMB, Jumat (8/12/2023).

Tjitjik Srie Tjahjandarie menambahkan, soal isian di UTBK SNBT 2024 ini berbentuk isian sederhana. Hanya menulis angka saja.

Baca juga: 5 Hal Sepele yang Bisa Membuat Gagal Lolos SNMPTN-SBMPTN

Sebenarnya calon peserta UTBK SNBT 2024 juga bisa melihat bentuk dan contoh-contoh soal di laman SNPMB BPPP Kemendikbud Ristek.

"Bentuk tes atau soal yang ada di UTBK SNBT 2024, tidak perlu khawatir atau mencari-cari akan seperti apa. Karena kami akan memberikan bentuk dan contoh soal di laman SNPMB," beber dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com