Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus University Ciptakan Lulusan yang Siap Kembangkan Industri Kreatif

Kompas.com - 09/12/2023, 12:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Binus University memiliki fokus pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul dan memiliki peran strategis dalam mendukung eksplorasi potensi bisnis kreatif.

Melalui pendekatan yang berorientasi pada bisnis kreatif, Binus melalui kampusnya di Alam Sutera dapat menjadi motor penggerak bagi inovasi dan kreativitas di wilayah tersebut.

Baca juga: Binus University Siap Terapkan Pendidikan 5.0

Binus Alam Sutera Campus Director, Prof. Lim Sanny menyatakan, Binus di Alam Sutera sebagai creative business campus memiliki peran penting dalam menyusun kurikulum yang mengintegrasikan konsep bisnis kreatif ke dalam program-program studi yang ada.

"Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya akan memiliki keterampilan teknis di bidang kreatif, tetapi juga pemahaman yang kokoh tentang aspek-aspek bisnis yang relevan. Ini juga menciptakan lulusan yang siap berkontribusi dalam pengembangan industri kreatif," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat (8/12/2023).

Tak hanya itu kampus Binus yang di Alam Sutera dapat menjembatani kolaborasi antara mahasiswa dan industri kreatif lokal.

"Program magang, proyek kolaboratif, dan kegiatan workshop bersama perusahaan kreatif di Kota Tangerang Selatan dapat memberikan mahasiswa pengalaman langsung dan memperluas jaringan mereka di dunia bisnis kreatif," jelas dia.

Dalam memberikan wadah bagi mahasiswa, Binus University di Alam Sutera juga mendirikan pusat inovasi dan riset kreatif di Binus Alam Sutera untuk mengembangkan ide-ide baru dan solusi kreatif.

Pusat ini, bilang dia, dapat berfungsi sebagai katalisator untuk proyek- proyek inovatif yang melibatkan mahasiswa, dosen, dan pelaku industri lokal, menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi creative business.

Tak lupa, Binus University di Alam Sutera juga menjadi penyokong utama untuk mendirikan inkubator bisnis kreatif dan mendukung startup lokal.

Dengan memberikan akses ke fasilitas, mentor, dan sumber daya lainnya, Binus University Alam Sutera dapat membantu mahasiswa dalam mewujudkan ide-ide kreatif mereka menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga: Binus University Beri Beasiswa Penuh untuk 12 Mahasiswa Atlet Basket

Punya Jurusan Kuliah bidang bisnis kreatif

Demi mendukung bisnis kreatif, Binus University juga memiliki Jurusan Business Creation.

Pada jurusan ini, mahasiswa secara aktif di bimbing dan praktek langsung untuk mendirikan usahanya agar kelak mereka bisa menjadi entrepreneur muda yang bisa berkontribusi bagi ekonomi Indonesia.

"Selain keterampilan hards kill, Binus Alam Sutera dapat mengintegrasikan program pengembangan keterampilan soft skills, seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan ini sangat penting dalam industri kreatif di mana kolaborasi dan presentasi ide-ide menjadi kunci sukses," jelas dia.

Chairman Advisor Sinar Mas Land yang juga alumni Binus Business School, Sandra Kosasih berharap kampus Binus di Alam Sutera bisa menjadi pionir dalam menghasilkan generasi pengusaha kreatif yang tidak hanya berdaya saing global, tetapi juga terampil dalam mengintegrasikan teknologi digital.

Dengan membangun kemitraan strategis di industri kreatif dan memberdayakan komunitas lokal, Binus University Alam Sutera diharapkan dapat berperan aktif dalam transformasi positif ekosistem bisnis kreatif di Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Binus University Siapkan Lulusan AI yang Dibutuhkan Banyak Industri

"Selain itu, dengan fokus pada pendidikan yang mendalam dan memberdayakan lulusan yang memiliki etos kerja tinggi, Binus Alam Sutera diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan untuk pertumbuhan bisnis kreatif dan pembangunan masyarakat di wilayah tersebut," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com