Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus University Siap Terapkan Pendidikan 5.0

Kompas.com - 24/11/2023, 20:39 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai kampus Sebagai kampus yang fokus pada business, service and technology, Binus University Bekasi berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam menerapkan pendidikan 5.0.

Direktur Binus University Bekasi, Gatot Soepriyanto menyatakan, untuk menerapkan pendidikan 5.0, maka Binus University Bekasi telah mengadopsi sejumlah strategi dan teknologi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masa depan.

Binus University Bekasi, kata dia, telah menggunakan teknologi AR dan VR untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan interaktif.

Baca juga: Binus University Siapkan Lulusan AI yang Dibutuhkan Banyak Industri

"Melalui penggunaan headset VR atau aplikasi AR di perangkat mobile, mahasiswa dapat menjelajahi berbagai konsep secara visual, membuat pembelajaran lebih menarik dan nyata. Model kelas konvensional juga kami gantikan dengan kelas digital dan kelas yang interaktif," kata dia dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Dia menyatakan, Binus University Bekasi mengusung konsep Pendidikan 5.0 dengan pendekatan yang tidak hanya terfokus pada teknologi, melainkan melibatkan dan menggabungkan unsur industri.

Terletak di Bekasi yang dekat dengan pusat industri, Binus University Bekasi memanfaatkan keberadaannya untuk menjadikan pendidikan lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan industri.

Dalam mendukung visi ini, Binus University Bekasi menjalin kerjasama dengan KT&G SangSang Univ.

KT&G SangSang tidak hanya memperkuat hubungan antara pendidikan dan industri, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dengan memperkuat sektor pendidikan, memastikan bahwa mahasiswa memiliki akses ke pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dunia industri.

Tak hanya bekerja sama dengan KT&G Sangsang Univ, tapi juga memiliki program Kemitraan dengan Innobiz Association of Korea yang didorong oleh Kemenkop UKM yang menyediakan Smart Factory sebagai lab dan tempat praktik penggunaan teknologi modern di dunia manufaktur.

Selain itu, Binus University Bekasi menempatkan fokus pada kesejahteraan mahasiswa dengan menciptakan suasana kampus yang Asik dan nyaman, dengan menyediakan fasilitas pendukung, untuk mahasiswa dapat bersantai ditengah-tengah kesibukan perkuliahan, seperti relax corner dan fun corner.

Konsep student wellbeing tidak hanya melibatkan lingkungan fisik, tetapi juga melibatkan dukungan advisory dan mentoring (mentor), serta program mindfulness untuk mendukung pembelajaran mahasiswa.

Dengan pendekatan holistik ini, Binus University Bekasi tidak hanya menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas tetapi juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia industri yang terus berkembang.

Binus University Bekasi juga menyediakan program yang kolaboratif sehingga memungkinkan mahasiswa dan dosen bekerja sama dalam proyek-proyek yang inovatif, mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam lingkungan kerja modern.

Baca juga: Lulus dari Undip, Marshanda Gapai IPK 3,66

Sistem pembelajaran adaptif menggunakan kecerdasan buatan untuk menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan mahasiswa.

Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan mahasiswa, BINUS University Bekasi dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan untuk mengembangkan kreativitas di dunia serba digital saat ini.

"Selain keterampilan teknis, kami juga memberikan penekanan khusus pada pengembangan keterampilan untuk dunia kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Lalu memberikan pemahaman kesuksesan di tempat kerja tidak hanya bergantung pada pengetahuan akademis, tetapi juga pada kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan empowering terhadap masyarakat," jelas Gatot.

Dia menambahkan, pendidikan 5.0 di Binus University Bekasi bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang kreativitas, kolaborasi, dan pemikiran kritis.

Baca juga: 10 PTS dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik, Nomor 1 Binus

"Dengan menggabungkan teknologi canggih dan prinsip-prinsip pendidikan terkini, Binus University Bekasi siap melahirkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global di era digital ini," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com