Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australian Council for Educational Research Dorong Penerapan Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset

Kompas.com - 08/12/2023, 11:14 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Chief Executive Officer Australian Council for Educational Research (ACER), Prof. Geoff Masters berbagi hasil risetnya terkait sistem pembelajaran di lima negara dengan performa PISA (Programme for International Student Assessment) terbaik.

Sebagai informasi, ACER adalah salah satu organisasi riset pendidikan terdepan di dunia yang berkomitmen memberikan kontribusi dalam reformasi sistem pendidikan dengan menyediakan masukan berbasis bukti/data terhadap berbagai kebijakan serta memperkaya praktik baik pembelajaran melalui berbagai pendekatan holistik inovatif.

ACER sendiri telah mengelola lima siklus pertama PISA milik OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) dan akan kembali mengelola siklus PISA berikutnya di tahun 2025.

Pada akhir November 2023 lalu, Prof Geoff memaparkan hasil studinya dalam acara "Annual Joint Education Sector Joint Review" yang diadakan UNICEF GPE serta Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek.

Dalam paparannya, Prof. Geoff Masters membahas sistem pembelajaran yang fokus dalam kurikulum dan asesmen, dukungan untuk guru, pimpinan sekolah, murid, serta ekosistem yang mendukung pembelajaran.

Ia menegaskan, riset dapat disebut sebagai bentuk tertinggi upaya pencarian pengetahuan serta informasi dan mampu memberikan pembacanya relevansi serta validitas dalam suatu bidang spesifik.

Riset yang baik, lanjut Prof. Geoff memiliki kapasitas untuk mengekplorasi kemungkinan-kemungkinan yang sebelumnya tidak terbayangkan serta mengombinasikan simpulan serta solusi yang kaya dan interdisipliner.

Oleh karena alasan-alasan di atas lah, riset menjadi vital dalam perannya sebagai sumber yang netral dan komprehensif dalam suatu pengambilan keputusan.

Selama kunjungan, Prof. Geoff Masters juga melakukan pertemuan dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Ia didampingi kepala divisi serta direktur riset ACER, Daniel Edwards dan Prof. Pauline Taylor-Guy.

Baca juga: Penilaian PISA 2022 Tak Cerminkan Pendidikan Indonesia Saat Ini

 

Dari ACER Indonesia turut Mariam Kartikatresni (Direktur), Dona Dinata (Senior Manager), Communications Ajeng Lesmini (Manager), dan Bahrul Hayat (Senior Technical Advisor).

Pertemuan tersebut memberikan konteks lebih mendetail kepada tim ACER mengenai transformasi yang dilakukan Indonesia bidang pendidikan serta ekstensif dan beragamnya tantangan, solusi, dan pembelajaran yang diraih sepanjang implementasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com