Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Alasan Berkarier dan Kuliah di Jerman, Bisa Bebas Biaya

Kompas.com - 06/12/2023, 16:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan studi, mahasiswa bisa berkarier di luar negeri. Salah satu negara tujuan anak muda Indonesia untuk melanjutkan studi dan berkarier adalah Jerman.

Ada beberapa alasan kamu bisa memilih Jerman sebagai negara untuk melanjutkan pendidikan hingga bekerja.

Dalam acara "Deutsch Nextgen" yang diadakan Perpustakaan Universitas Airlangga (Unair bekerjasama dengan Wisma Jerman memberikan informasi seputar kursus, ujian, hingga program-program di Jerman.

Kegiatan ini bisa menambah informasi dan pemahaman mengenai alasan memilih berkuliah dan berkarier di Jerman yang perlu diketahui mahasiswa.

Baca juga: Kuliah dan Bekerja di Jerman Semakin Mudah, Cek Ketentuan Barunya

Pihak Wisma Jerman menghadirkan tiga pembicara yakni Hani Diola selaku pimpinan bahasa Wisma Jerman, Andung Sayogo membahas budaya dan apa saja yang dapat dilakukan di Jerman, serta Siti Aminah membahas ausbildung (semacam vokasi) di Jerman.

"Hari ini kami akan coba menunjukkan kepada teman-teman semua berapa banyak pintu gerbang yang dapat dimasuki untuk menuju ke Jerman,” kata Diola seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (6/12/2023).

Alasan kuliah dan bekerja ke Jerman

Dari sekian banyak negara yang dapat dikunjungi, Jerman lebih dipilih oleh banyak orang karena beberapa hal. Seperti harapan mendapatkan karier atau pekerjaan yang lebih baik, standar hidupnya lebih tinggi, dan negaranya aman.

"Yang ingin kerja atau studi di Jerman, akhir-akhir ini lebih mudah digapai dan diakses. Pilihannya pun beragam, kamu bisa tinggal dan melanjutkan di Jerman, atau kembali ke Indonesia membangun tanah air,” ungkap Diola.

Jika memilih studi di Jerman, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan. Mahasiswa dapat memilih ingin kuliah dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Jerman.

Menurutnya, Jerman merupakan negara maju dan sadar bahwa Jerman menjadi tempat tujuan untuk studi.

Sehingga disediakan mata kuliah-mata kuliah yang khusus berbahasa Inggris untuk menunjang studi mahasiswa mancanegara.

Selain itu, biaya terjangkau, hampir seluruh universitas negeri di Jerman itu bebas biaya.

"Seperti yang kita ketahui kebanyakan ilmu pengetahuan lahir di Eropa, dan Jerman salah satu negara yang ilmu pengetahuan banyak lahir disana. Sehingga tak heran jika literatur dapat diakses dengan mudah dan beragam," papar Andung Sayogo.

Baca juga: Deretan Kampus Dalam Negeri Tujuan Beasiswa LPDP, Kuliah S2-S3 Gratis

Kesempatan kerja di Jerman pun dapat dibilang tinggi. Serta kesempatan untuk bergaul multikultural juga sangat tinggi karena Jerman merupakan tempat bertemunya orang dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda.

Selain studi, di Jerman kita juga dapat melakukan Au Pair (orangtua asuh), Ausbildung (vokasi, pelatihan kerja), dan Freiwilliges Soziales Jahr (program sosial).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com