Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Pekerjaan yang Akan Eksis di Tahun 2027

Kompas.com - 04/12/2023, 06:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa tentu ingin memilih jurusan kuliah yang cepat mendapat pekerjaan setelah lulus.

Berdasarkan data World Economic Forum Future of Jobs Report 2023, ada 20 pekerjaan yang akan eksis pada tahun 2027 mendatang.

Calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah yang berkaitan dengan daftar pekerjaan ini. Sehingga saat menyelesaikan studi nanti, kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan basic pendidikanmu.

Dilansir dari akun Instagram Schoters Indonesia dan sumber lainnya, Minggu (3/12/2023) berikut deretan pekerjaan yang akan eksis di tahun 2027 berdasarkan World Economic Forum Future of Jobs Report 2023.

Baca juga: Pakar UMM: Tahun 2024 Bakal Didominasi Pekerjaan Online

20 pekerjaan yang akan eksis di tahun 2027

1. Artificial Intelligence

AI adalah Kecerdasan Buatan, seperti kepanjangan AI yaitu Artificial Intelligence. AI merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia.

2. Business Intelligence Analysis

Business intelligence adalah sebuah peranan di perusahaan yang bertanggung jawab dalam menemukan metode analisis informasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan.

3. E-commerce Specialist

E-commerce Specialist adalah pekerjaan yang berperan merencanakan dan membuat strategi marketing, advertising, dan campaign di berbagai marketplace.

4. Digital Marketing

Profesi ini punya tujuan pemasaran yang bisa menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

5. Information Security

Information Security atau cyber security merupakan sebuah praktik untuk melindungi sistem teknologi dan perangkat seperti komputer, seluler, server, sistem elektronik dan data suatu perusahaan. Sekarang dan di masa depan, setiap perusahaan tentunya akan melakukan banyak cara untuk terhindar dari kejahatan siber.

6. Big data specialist

Big Data Specialist bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berbeda. Seperti sistem internal perusahaan, media sosial, sensor IoT (Internet of Things), dan lain-lain. Mereka harus mampu mengidentifikasi dan mengekstraksi data yang relevan untuk kebutuhan analisis.

7. Blockchain Developers

Blockchain merupakan rangkaian catatan data yang tidak dapat diubah dan diberi stempel waktu yang disebut Block. Data ini dikelola oleh jutaan komputer, tidak dimiliki oleh individual manapun, dan dihubungkan oleh prinsip-prinsip kriptografi yang disebut rantai/chain.

8. Database Architect

Data architect adalah salah satu profesi di bidang IT yang sedang dicari oleh berbagai perusahaan di berbagai industri.

9. Sustainability Specialists (spesialis keberlanjutan)

Saat ini dan di masa yang akan datang, perusahaan di seluruh dunia mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam model bisnisnya.

Spesialis keberlanjutan memiliki tugas seperti menciptakan dan mengembangkan strategi keberlanjutan jangka pendek dan jangka panjang.

Baca juga: Cek Uang Pangkal Masuk SMA Taruna Nusantara Jalur Kontribusi Khusus

10. FinTech Engineer

FinTech adalah kombinasi dari dua industri besar yakni keuangan dan teknologi. Menggabungkan kedua industri membuka banyak peluang karier.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com