Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pekerjaan "Part Time" buat Mahasiswa, Cek Kisaran Gajinya

Kompas.com - 15/11/2023, 18:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa yang ingin mendapatkan uang saku tambahan, bisa mencoba bekerja part time di sela-sela menjalani perkuliahan.

Banyak pekerjaan part time dengan gaji menjanjikan buat mahasiswa. Bahkan, ada yang mencapai Rp 8 juta per bulan. Kamu bisa memilih pekerjaan part time sesuai minat dan skill yang kamu kuasai. 

Dirangkum Kompas.com, ini daftar pekerjaan part time yang bisa diambil mahasiswa mulai D3 sampai S2.

1. Tutor atau guru bimbel

Banyak bimbel ternama membuka rekrutmen guru bimbel dengan gaji yang lumayan. Rata-rata gaji yang diberikan dalam bentuk honor per jam atau sesi.

Misalnya mahasiswa akan dibayar mulai Rp 50.0000-75.000 per sesi atau per jam. Saat ini juga banyak mahasiswa yang mendirikan bimbel sendiri. Sehingga harga dari jasa yang kamu berikan bisa lebih tinggi.

Baca juga: 10 Website Lowongan Kerja ke Luar Negeri bagi Fresh Graduate

2. Asisten peneliti

Pada beberapa kampus, ada banyak proyek kampus yang dilakukan dengan pihak luar dan membutuhkan mahasiswa S1 atau S2 untuk melakukan penelitian.

Gajinya tentu berbeda-beda antara jenjang S1 atau S2. Namun rata-rata di atas Rp 1,5 juta sampai 8 juta per bulan.

Contohnya seperti dilansir dari laman Himpunan Mahasiswa Muslim Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada tahun 2021 pernah ada lowongan asisten peneliti dari Australia Indonesia Center (AIC) dengan gaji Rp 8 juta per bulan selama setahun bagi mahasiswa S2.

3. Desainer web

Banyak agensi pembuatan website membuka lowongan kerja part time buat mahasiswa yang mampu mendesain website. Bahkan gajinya bisa di atas Rp 3-5 juta. Gaji ini akan semakin tinggi apabila kamu direkrut perusahaan dari luar negeri. Banyak perusahaan luar negeri memberikan pekerjaan part time online untuk para desainer web dari seluruh dunia. 

4. Waitress

Dilansir dari laman lowongan kerja Glasdoor, banyak lowongan waitress part time yang digaji sekitar Rp 100.000- Rp 300.000 per harinya atau sekitar Rp 2.000.000- Rp 4.000.000 per bulan. Tentu hal ini akan bergantung daerah bekerja, posisi, keahlian dan pengalaman kerja kamu.

Baca juga: 8 Pekerjaan Freelance yang Cocok buat Mahasiswa dari Semua Jurusan

5. Admin media sosial

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com