Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Meidy, Lulus "Cumlaude" Undip, Raih 4 Beasiswa Dalam Negeri

Kompas.com - 29/11/2023, 07:32 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah di salah satu kampus terbaik sampai bisa mendapatkan empat beasiswa diraih oleh Devina Meidy Fidelia Putri Pangudi.

Meidy tidak hanya bisa mendapatkan banyak beasiswa selama kuliah. Ia juga lulus dengan predikat cumlaude. IPK yang didapat sebesar 3,91 dari Universitas Diponegoro (Undip).

“Empat tahun perjalanan menempuh studi di Universitas Diponegoro adalah seperti menyusuri halaman sebuah peta yang membimbing saya menjelajahi kompleksitas pengetahuan dan dinamika sosial," kata dia, dilansir dari laman Undip.

Baca juga: Kisah Galih, Guru SD yang Lolos Beasiswa LPDP ke UCL

Sepanjang perjalanan berkuliah, Meidy berupaya tidak hanya mendapatkan bekal ilmu, tetapi juga momen-momen berharga, membangun fondasi relasi yang kuat, dan meraih peluang-peluang baru.

"Kuliah di Undip bukan hanya persoalan mendapatkan gelar, tetapi sebuah perjalanan penuh warna yang membentuk saya menjadi versi terbaik dari diri sendiri, " kata Meidy.

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP ini merupakan mahasiswi yang aktif dalam mengikuti beberapa organisasi kampus dan kepemudaan.

Baca juga: Kisah Abrar Punya IPK 3,98 yang Siap Lulus S1-S2 5 Tahun Saja di ITB

Bahkan, ia juga aktif dalam mengikuti perlombaan pada bidang Public Speaking yang kemudian membawanya pada beragam kesempatan dan pengalaman berharga.

Dapat 4 beasiswa dalam negeri

Devina merupakan Mahasiswa Berprestasi FISIP pada tahun 2021-2022 yang mendapatkan 4 beasiswa dalam negeri.

Beasiswa ini antara lain Leads Indonesia, Event Hunter Indonesia, Bank Indonesia (GENBI), dan Bintang Mandiri MAI Institute.

Selain menjadi mahasiswa berprestasi, ia juga aktif dalam berorganisasi seperti Generasi Baru Indonesia (GenBI) Undip sebagai wakil ketua Public Relation pada 2022 sampai dengan sekarang.

Pada tahun 2020, ia menjadi Ketua Diponegoro MUN Society. Devina aktif juga sebagai pembicara yang berbagi tips and trick dalam Public Speaking dan Self-Development.

Ia sering diundang menjadi pembicara pada berbagai acara, beberapa di antaranya yaitu pada Youth Leader Summit StudentsxCEO dan Self-Development Session Ruang Peduli by Ruang Guru.

Tak hanya itu, ia juga menjadi juara dalam Duta Nasional Mahasiswa Inspiratif Indonesia Kalimantan Selatan dan menjadi Pembicara Terbaik pada 2021.

Menjadi Juara 2 National English Speech Competition SAEED, Juara 1 National English Speech Competition SECTION Unsoed pada 2021, dan banyak prestasi lain yang telah ia raih.

Di sela perkuliahannya, Devina juga menyempatkan diri untuk mengembangkan kemampuannya dan bekerja sebagai Digital Content Creator pada Kobi Education.

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri, Uang Saku di Atas Rp 15 Juta Per Bulan

“One of the biggest life lesson yang aku dapatkan selama berkuliah sekaligus sangat kusyukuri adalah memahami pentingnya untuk menyeimbangkan pendidikan dan organisasi," kata dia.

Ia menyadari bahwa kesuksesan bukan hanya ditentukan oleh pengetahuan akademis semata, tetapi juga oleh kemampuan untuk mengaplikasikan dan menguji kemampuan tersebut.

"Serta dapat memahami dinamika dalam rangka persiapan menghadapi tantangan dunia nyata. So, it’s not just about being a smart book; it’s about being street-smart too! Keep that balance, and you’ll be the MVP in both arenas!” pungkas Devina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com