Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UT Wisuda 2.100 Lulusan, Wali Kota Madiun dan Tina Toon Jadi Inspirasi Pembelajar Tangguh

Kompas.com - 28/11/2023, 10:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka menggelar seremoni Wisuda Periode I Wilayah II untuk lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana, Diploma dan lulusan Program Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Tahun 2023.

Wisuda UT kali ini mengambil tema “Bergerak Melayani Bangsa Bersama UT PTNBH” dan digelar di UT Convention Center, Tangerang Selatan, Banten, pada Selasa, 28 November 2023.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan, tema yang diusung dalam wisuda UT kali ini seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka (PTNBH-UT).

Keberhasilan UT meraih PTNBH, lanjut Prof. Ojat, semakin memperteguh komitmen UT sebagai pelopor perguruan tinggi jarak jauh (PTJJ) yang mempunyai peran strategis dalam peningkatan akses pendidikan tinggi di Indonesia.

"Untuk itu setiap pegawai UT harus terus semangat, bergerak bersama dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada dalam mendukung peningkatan kualitas layanan kepada seluruh stake holder yang ada," pesan Rektor UT.

"Hasil dari kualitas layanan kepada mahasiswa tentu salah satunya dapat dilihat dari jumlah lulusan yang telah berhasil lulus kuliah dengan prestasi akademik yang membanggakan," imbuh Prof. Ojat.

Prof. Ojat mengatakan, pola pembelajaran yang diusung UT sejalan dengan semangat Merdeka Belajar yang digagas Kemendikbudristek di mana para mahasiswa dapat belajar tanpa dibatasi ruang dan waktu.

"Tidak hanya itu, mahasiswa dapat. belajar dengan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Bagi fast learner dapat belajar sesuai kecepatan mereka menyerap pembelajaran, demikian pula sebaiknya bagi slow learner dapat menyelesaikan sesuai kemampuan. Ini sejalan dengan semangat Merdeka Belajar," tegas Rektor.

Baca juga: Kiat Lutfi, Mahasiswa UMM yang Diterima Bekerja Sebelum Wisuda

Rektor UT menilai, para wisudawan Universitas Terbuka (UT) merupakan orang-orang pilihan, sebagai pembelajar mandiri tangguh selama kuliah di UT dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).  

Wisudawan Kehormatan dan Berprestasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com