Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Bidang PKM yang Dilombakan di Pimnas Ke-36

Kompas.com - 28/11/2023, 09:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama sepekan ke depan atau pada 26-30 November 2023, para ribuan mahasiswa bakal berkompetisi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-36.

Kegiatan yang dihelat oleh Kemendikbud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai tempat penyelenggara.

Tentu, Pimnas ini adalah wadah bagi para mahasiswa untuk menggali kompetensi dan mengembangkan prestasi di bidang penelitian.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Talenta, Kemendikbud Ristek, Tatang Muttaqin, Pimnas merupakan bentuk nyata dari hasil project-based learning dan kolaborasi proses belajar mahasiswa dalam semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Baca juga: Unpad Resmi Buka Pimnas Ke-36, Diikuti 2.411 Peserta

Hal ini bisa dijadikan sebagai indikator keberhasilan pembelajaran sehari-hari di kampus sekaligus sebagai umpan balik bagi peningkatan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi sesuai dengan kebijakan Kampus Merdeka.

"Penyiapan ilmuwan, peneliti dan inventor sangat penting karena tanpa penyiapan yang sistematis kita akan tertinggal," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/11/2023).

Siapkan talenta periset masa depan

Dijelaskan pula bahwa melalui Pimnas, Kemendikbud Ristek berupaya menyiapkan talenta mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan periset, inventor dan inovator masa depan.

"Kegiatan ini nantinya mampu memunculkan inventor-inventor yang berdampak besar di berbagai bidang riset dan inovasi sesuai dengan prioritas pembangunan nasional," terang Tatang.

Tentu, untuk kategori inovasi di tingkat global, Indonesia mengalami peningkatan. Di 2023 ini masuk peringkat ke-61. Padahal 2019 berada di peringkat 85.

Sedang tahun lalu ada di peringkat 75. Beragam riset kolaboratif yang telah dilakukan secara signifikan mampu menaikkan peringkat Indonesia yang selaras dengan upaya penyiapan SDM unggul yang secara terus menerus dilakukan.

Sementara Rektor Universitas Padjadjaran, Rina Indiastuti, menekankan bahwa lomba maupun pameran dalam Pimnas ini bisa menjadi ajang persahabatan bagi semua yang terlibat.

"Persahabatan yang kuat dan karya ilmiah yang hebat akan mengasah para peserta menjadi SDM bertalenta dan pemimpin unggul di masa depan," harapnya.

Baca juga: Ini 5 Besar Tim Terbanyak di Pimnas 2023, UGM Peringkat Pertama

Pada Pimnas ke-36 ini melibatkan 2.419 mahasiswa dan 475 dosen pendamping. Dari 5.102 proposal yang masuk maka terpilihlah 525 Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berasal dari 106 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Para peserta akan mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional.

Bidang yang dipertandingkan

Ada 9 bidang yang akan dipertandingkan yaitu:

  1. PKM Gagasan Futuristik Tertulis
  2. PKM Kewirausahaan
  3. PKM Karsa Cipta
  4. PKM Karya Inovatif
  5. PKM Penerapan Iptek
  6. PKM Pengabdian Masyarakat
  7. PKM Riset Eksakta
  8. PKM Riset Sosial Humaniora
  9. PKM Video Gagasan Konstruktif

Selain PKM, ada juga kegiatan non-lomba yaitu pameran teknologi, Indonesia Talent Summit, kuliah umum bagi peserta, pameran poster karya ilmiah, serta sarasehan pimpinan Perguruan Tinggi bidang kemahasiswaan nasional.

Baca juga: Loloskan 29 Tim ke Pimnas 2023, Unhas Tempati Peringkat 4 Nasional

Tentu, ajang ini bertujuan untuk menantang kepekaan dan kemampuan kritis mahasiswa dalam memahami berbagai persoalan di seputar lingkunganya dan belajar menemukan solusinya melalui pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara kreatif dan inovatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com