Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Gelar ICTLI I dan TING XV, FKIP UT Hadirkan Pembicara dari Tanah Air dan Mancanegara

Kompas.com - 18/11/2023, 16:28 WIB
Anissa DW,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) menggelar kegiatan The 1st International Conference on Teaching and Learning (ICTL I) dan Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) XV pada Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023 sekaligus menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke-39 UT. Adapun ICTL I dan TING XV 2023 mengusung tema “Digital Transformation: Future Challenges and Opportunities in Teaching and Learning”.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Dr Nunuk Suryani, MPd, hadir sebagai keynote speaker pada acara tersebut.

Tak hanya itu, ICTL I dan TING XV 2023 juga menghadirkan para panelis internasional dari berbagai negara, yaitu Prof David Kaufman dari Simon Fraser University, Canada; Career Digital Platform Specialist, ADB, Singapore, Dr Randeep Sudan; Senior Consultant for Educational Innovation and Skill Development UNESCO Bangkok, Dr Wesley Teter; serta Pakar Pendidikan Jarak Jauh UT Prof Ir Tian Belawati, MEd, PhD.

Baca juga: Perkuat Jejaring Internasional, UT dan UNED Tekan MoU pada ICDE World Conference 2023

Dekan FKIP UT Prof Dr Ucu Rayahu MSc, mengatakan bahwa kegiatan ICTL I diikuti oleh 134 presenter yang berasal dari New Zealand, Pakistan, China, Malaysia,Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Ajang ICTL sendiri dihadiri oleh sekitar 200 peserta konferensi dari berbagai penjuru Tanah Air dan mancanegara.

Sementara itu, acara TING XV diikuti oleh 141 presenter yang berasal dari kalangan guru, dosen, dan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang diikuti oleh sekitar 1.000 peserta seminar dari berbagai penjuru Tanah Air dan mancanegara.

“Paper terpilih (pada kegiatan tersebut) akan diterbitkan pada jurnal nasional dan internasional FKIP, serta Prosiding TING XV dan/atau Prodising ICTL I,” ujar Prof Ucu dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Universitas Teruka meluncurkan dua buku berjudul Nyala Daya Juang Guru Bangsa: Kisah Inspiratif Perjuangan Mahasiswa FKIP dan Experiential Learning in Action: Inovasi Pembelajaran Guru yang ditulis oleh para dosen FKIP dengan melibatkan mahasiswa dan alumni sebagai narasumber.dok. Universitas Terbuka Universitas Teruka meluncurkan dua buku berjudul Nyala Daya Juang Guru Bangsa: Kisah Inspiratif Perjuangan Mahasiswa FKIP dan Experiential Learning in Action: Inovasi Pembelajaran Guru yang ditulis oleh para dosen FKIP dengan melibatkan mahasiswa dan alumni sebagai narasumber.

Selain seminar, pada kegiatan itu juga diumumkan para pemenang Lomba Inovasi dan Kreativitas Pembelajaran Mahasiswa Nasional (LIPKMN) 2023. Untuk diketahui, lomba ini terdiri dari 15 kategori kompetisi kreatif yang berkaitan dengan pendidikan.

Baca juga: Go Internasional, UT Bagikan Praktik Baik PTJJ di ICDE World Conference 2023

Tak hanya itu, dilaksanakan pula acara peluncuran dua buku berjudul Nyala Daya Juang Guru Bangsa: Kisah Inspiratif Perjuangan Mahasiswa FKIP dan Experiential Learning in Action: Inovasi Pembelajaran Guru.

Kedua Buku itu ditulis oleh para dosen FKIP dengan melibatkan mahasiswa dan alumni sebagai narasumber.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan tim angklung MANISE yang beranggotakan para pimpinan dan karyawan UT. Mereka menampilkan dua lagu berjudul "Hymne Guru" dan "It’s My Life".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com