Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Perkuat Jejaring Internasional, UT dan UNED Tekan MoU pada ICDE World Conference 2023

Kompas.com - 10/11/2023, 19:48 WIB
F Azzahra,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) didirikan sejak 1984 dengan tujuan untuk menyediakan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia. Tujuan ini diwujudkan UT melalui berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas, kapasitas, serta memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri.

Terkait memperluas jejaring internasional, UT menjalin kerja sama dengan Universidad Estatal a Distancia (UNED) melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dalam acara International Council for Open and Distance Education (ICDE) World Conference 2023 di San Jose, Kosta Rika, Kamis (9/11/2023).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Rektor UNED Dr Rodrigo Arias Camacho yang didampingi oleh Director Internationalization and Cooperation Dr Velia Govaere dan Rektor UT Prof Ojat Darojat yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum Prof Dr Ali Muktiyanto. Acara tersebut berlangsung khidmat di Limon Room, Centro Convenciones, Kosta Rika dan dihadiri oleh perwakilan dari kedua belah pihak.

Rektor UNED Dr Rodrigo Arias Camacho mengatakan, penandatanganan MoU ini merupakan langkah signifikan dalam memulai kolaborasi internasional UT dan UNED di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Diikuti 764 Atlet, Universitas Terbuka Jambi Sukses Gelar UTSportainment 2023

"MoU ini akan memperkuat kerja sama internasional antara UT dan UNED. Tentu saja kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak," kata Rodrigo dalam siaran pers yang di terima Kompas.com, Jumat (10/11/2023).

UT dan UNED resmi jalin kerja sama pendidikan melalui penandatanganan MoU pada acara International Council for Open and Distance Education (ICDE) World Conference 2023 di San Jose, Costa Rica,  Kamis (9/11/2023).  
DOK. UT UT dan UNED resmi jalin kerja sama pendidikan melalui penandatanganan MoU pada acara International Council for Open and Distance Education (ICDE) World Conference 2023 di San Jose, Costa Rica, Kamis (9/11/2023).
Sementara itu, Rektor UT Profesor Ojat Darojat menegaskan, kolaborasi antara UT dan UNED merupakan salah satu langkah strategis untuk memperluas jaringan UT di kancah global.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kolaboratif dengan universitas/lembaga/institusi internasional sebagai langkah startegis untuk memperkokoh jejaring internasional dan eksistensi UT di kancah global," tutur Ojat.

Sebagai informasi, MoU ini mencakupi berbagai bidang kerja sama, yakni pendidikan, penelitian kolaboratif, pengabdian masyarakat, serta pertukaran dosen dan mahasiswa.

Oleh karena itu, UT dan UNED berharap, melalui MoU ini keduanya dapat berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan membuka peluang baru untuk pertukaran ilmu, pengalaman, dan inovasi, khususnya di bidang pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh antar kedua universitas.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com