Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Dhika, Mahasiswa ITB yang Gapai IPK Tertinggi

Kompas.com - 17/11/2023, 16:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Fachriza Andhika Putra merupakan wisudawan ITB yang meraih IPK tertinggi pada wisuda pertama tahun akademik 2023/2024 di Auditorium Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Sabtu (28/10/2023).

Fachriza merupakan wisudawan dari program studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri.

Pria yang akrab disapa Dhika ini berbagi pengalamannya selama masa kuliah di ITB.

Baca juga: 6 Kampus Terbaik di Jawa Barat Versi QS AUR 2024, Ada Unpad hingga ITB

Dia menjelaskan bahwa motivasinya untuk mengejar pendidikan tinggi sangat dipengaruhi oleh teman-temannya yang juga menghadapi tantangan yang sama.

"Motivasi untuk kuliah banyak dari teman, nyari teman yang ternyata ngalamin penderitaan yang sama ketika kuliah jadi bikin kita sadar bahwa all of it is normal," kata dia dikutip dari laman ITB, Jumat (17/11/2023).

Dia dan teman-temannya sama-sama mengalami begadang, stres, dan berbagai perjuangan lainnya.

Dhika menceritakan masa-masa Program Persiapan Bersama (TPB) yang merupakan tahap penting dalam adaptasi dengan lingkungan ITB.

Dia merasa penting untuk tetap aktif dalam kegiatan di luar akademik, seperti organisasi kemahasiswaan (UKM).

Meskipun ini memerlukan pengorbanan, seperti waktu tidur yang berkurang, tapi dia merasa hal ini adalah bagian integral dari pengalaman kuliahnya.

Dia pun mengaku pada masa pandemi Covid-19, merupakan fase yang cukup sulit dia hadapi karena kuliah harus berlangsung secara daring.

Namun, dia bersyukur karena akhirnya mendapat kesempatan untuk kembali menghadiri kuliah offline dan menciptakan momen-momen berharga bersama teman-teman dan himpunan mahasiswa.

"Sebenarnya saya cukup sedih karena setelah TPB ada pandemi sehingga kuliah berlangsung online. Tapi di satu sisi bersyukur dikasih kesempatan untuk ngalamin kuliah offline lagi dan akhirnya ada momen-momen memorable lagi sama temen dan himpunan," sambung Dhika.

Baca juga: 79 Perguruan Tinggi Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Ketika ditanya tentang reaksinya saat diumumkan sebagai peraih IPK tertinggi, Dhika mengaku cukup terkejut karena tidak mengetahui hal tersebut sebelumnya.

"Over all merasa bangga sih karena dari awal masuk sebenernya targetnya untuk bisa lulus pun sudah cukup," jelas dia.

Dia menyampaikan pesan inspiratif kepada mahasiswa lainnya. Dia menekankan pentingnya memanfaatkan masa kuliah sebaik mungkin, karena ITB dianggap sebagai miniatur Indonesia, tempat di mana dapat mengejar banyak nilai dan pengalaman berharga dalam hidup.

"Manfaatkan masa kuliahnya sebaik mungkin, karena banyak yg bilang ITB itu miniatur Indonesia, jadi sebisa mungkin cari values sebanyak mungkin di masa kuliah, mau itu cari temen, cari relasi, cari duit, cari pacar, cari ilmu, cari masalah, cari jati diri, semua ada di ITB," ungkap Dhika.

Baca juga: 79 Perguruan Tinggi Berstatus Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Saat ini, Dhika sudah bekerja sebagai Process Engineer Trainee di Schlumberger (SLB). Dia mengaku sangat terbuka untuk melakukan studi lanjut di masa depan untuk bisa berkontribusi lebih ke dunia Industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com