Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Sekolah di STMKG Gratis dan Dapat Tunjangan? Ini Jawabannya

Kompas.com - 17/11/2023, 16:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi & Geofisika (STMKG) merupakan sekolah kedinasan semi militer yang berada di bawah naungan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika).

Siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan tentu bertanya, apakah STMKG ini termasuk sekolah kedinasan yang gratis atau tanpa biaya kuliah?

Jika kamu termasuk siswa yang tertarik melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan, perlu tahu bahwa STMKG merupakan salah satu sekolah kedinasan tanpa biaya alias gratis.

Hal ini dijelaskan dalam laman ptb.stmkg.ac.id bahwa siswa yang dinyatakan lolos menjadi taruna taruni STMKG gratis biaya pendidikan.

Baca juga: Cek Lomba yang Bisa Memperbesar Peluang Lolos Beasiswa Indonesia Maju

Kuliah di STMKG gratis

Dilansir dari laman resminya, Jumat (17/11/2023) terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan saat menempuh pendidikan di STMKG, di antaranya:

1. Sekolah ikatan dinas: karena merupakan salah satu sekolah ikatan dinas dengan status ikatan dinas, maa setelah lulus taruna/i STMKG akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di BMKG golongan 3A.

2. Pendidikan semi militer: calon taruna taruni STMKG perlu tahu bahwa pendidikan semi militer di STMKG bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan taruna taruni STMKG.

3. Gratis biaya pendidikan: siswa yang menjadi taruna taruni STMKG bisa menikmati kuliah gratis, tanpa uang semester, praktikum, praktik kerja lapangan (PKL) dan lain sebagainya.

4. Tunjangan ikatan dinas: selain gratis biaya pendidikan, STMKG juga memberikan fasilitas lain. Yakni taruna taruni akan diberikan tunjangan ikatan dinas oleh STMKG untuk menunjang kebutuhan mereka.

5. Kesempatan pendidikan lanjutan: setelah lulus, taruna taruni diberikan kesempatan untuk melanjutkan S2 di luar maupun dalam negeri.

 

Baca juga: Ini Cara Daftar Beasiswa LPDP S2, Persiapan 2024

Jurusan di STMKG

Setelah tahu apa saja keuntungan kuliah di STMKG, mahasiswa juhga peku tahu apa saha jurusan yang dusediakan dan jalur masuknya. Terdapat 4 Program Studi di STMKG, diantaranya:

  • D-IV Meteorologi: Ilmu yang mempelajari kondisi fisis atmosfer di suatu tempat pada waktu tertentu.
  • D-IV Klimatologi: Ilmu yang mempelajari sifat iklim dan hubungan iklim dengan aktivitas manusia.
  • D-IV Geofisika: Ilmu yang mempelajari bumi dengan menggunakan prinsip atau kaidah-kaidah fisika.
  • D-IV Instrumentasi MKG: Ilmu yang mendalami teknologi alat, sistem kerja, kalibrasi, dan perawatan alat MKG.

Syarat daftar STMKG

Bila ingin masuk sekolah kedinasan BMKG, ada syarat umum dan akademik yang harus dipenuhi. Terkait syarat umum, yakni:

1. Warga Negara Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki.

2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, diperbolehkan memakai kacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4D dan lensa silindris maksimal minus 2D, bersedia melakukan LASIK dengan biaya sendiri apabila lolos seleksi.

3. Minimal berumur 15 tahun serta maksimal 23 tahun.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com