Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Wishnu Kuliah Gratis di Romania: Syarat Mudah, Biaya Hidup Murah

Kompas.com - 15/11/2023, 09:48 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cerita mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di luar negeri kerap menarik untuk disimak, apalagi bisa kuliah gratis di luar negeri lewat beasiswa.

Selain bebas biaya kuliah, mahasiswa juga mendapatkan uang saku.

Seperti yang dirasakan I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan, awardee beasiswa Kementerian Luar Negeri Romania atau MFA 2020.

Baca juga: Syarat Beasiswa LPDP S2 Dalam Negeri, Pendaftaran Sebentar Lagi

Kuliah S1 gratis ke Romania

Saat ini Ngurah Ketut Wishnu tengah menempuh pendidikan S1 dengan jurusan International Business di Transilvania University of Brasov dan sudah memasuki tahun ketiga.

Kepada Kompas.com, dia menceritakan awal mulanya tertarik mendaftar beasiswa ke Romania. Awalnya dia tertarik setelah liat beasiswa ini punya tagline tanpa syarat TOEFL.

Selanjutnya, dia mencari informasi terkait biaya hidup di Romania seperti apa dengan uang saku Rp 1 juta yang merupakan salah satu fasilitas dari beasiswa tersebut.

"Ternyata dengan uang saku Rp 1 juta cukup aja jika rajin masak sendiri dan pastinya selalu ayam dan nasi. Karena sayuran lumayan mahal," beber I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan kepada Kompas.com.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Perempuan ke Amerika Tanpa TOEFL, Tunjangan Rp 192 Juta

Dia mengaku lebih memilih Romania lebih karena faktor seleksi beasiswa yang cukup simpel karena hanya seleksi berkas. Selain itu, universitas di Eropa sudah menerapkan sistem pendidikan standar Eropa.

"Tapi pertimbangan yang utama sih di biaya hidup karena supaya tidak terlalu memberatkan orangtua juga nantinya saat kuliah," bebernya.

Baca juga: Ini Top 10 Negara Tujuan Beasiswa LPDP dan Uang Sakunya

Alasan kuliah ke Romania pakai beasiswa

I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan bersama teman-temannya saat kuliah di Rumanua.DOK. I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan bersama teman-temannya saat kuliah di Rumanua.

Namun, sejauh ini, I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan belum pernah sampai kekurangan dan uang saku yang merupakan fasilitas dari beasiswa sudah mencukupi. Selain itu, di Romania juga mahasiswa bisa kerja part time.

Agar uang saku dari beasiswa cukup untuk biaya hidup, I Ngurah Ketut Wishnu Suaztawan memilih memasak sendiri untuk makan sehari-hari.

"Kalau masak sendiri dijamin cukup, tapi kalau untuk jajan di luar sepertinya kurang," tutur dia.

Dia menekankan, ada beberapa alasan mengapa mahasiswa Indonesia yang akan kuliah ke Romania menggunakan beasiswa, antara lain:

1. Seleksi beasiswa cukup simpel

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com