Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bulan Lagi LPDP 2024 Dibuka? Cek Informasi dan Persyaratan Lengkap

Kompas.com - 12/11/2023, 13:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kurang dua bulan lagi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) S2 Dalam Negeri bakal dibuka. Calon mahasiswa perlu tahu persyaratan yang ada.

Bila merujuk dari dua tahun terakhir pendaftaran LPDP dibuka, maka pada bulan Januari kemungkinan dibuka. Tahun lalu beasiswa ini dibuka pada tanggal 25 Januari.

Beasiswa S2 dan S3 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini dibuka dalam 2 tahap. Untuk tahap pertama dibuka bulan Januari, lalu tahap kedua dibuka pada bulan Juni.

Pendaftaran LPDP 2024 tentu sudah ditunggu banyak calon mahasiswa S2 dan S3. Karena beasiswa ini memberikan benefit lengkap seperti kuliah gratis dan uang saku yang cukup besar.

Ada banyak kategori beasiswa LPDP yang bisa dipilih. Salah satunya beasiswa LPDP Reguler untuk kuliah di kampus dalam negeri.

Baca juga: Apakah Bisa Daftar Beasiswa LPDP 2024 Tanpa LoA? Simak Ketentuannya

Mumpung masih ada waktu 2 bulan lagi, coba cek persyaratan lengkap beasiswa LPDP untuk persiapan daftar tahun 2024.

Syarat beasiswa LPDP S2 dalam negeri

Apabila kamu berencana mendaftar beasiswa LPDP S2 Dalam Negeri, berikut persyaratan yang harus kamu penuhi:

A. Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister.

3. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

4. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.

5. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

Baca juga: 10 Beasiswa S1-S3 ke Luar Negeri Tanpa Surat Rekomendasi

6. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.

7. Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com