Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eurasia International Course FIS UNJ, Prof. Yudi: Pandemi Covid Dorong Inovasi dan Teknologi Baru

Kompas.com - 09/11/2023, 15:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) kembali menyelenggarakan perkuliahan The Eurasia International Course 2023 sesi kedelapan secara hibrid di Kampus A UNJ, Jakarta dan live streaming Youtube FIS UNJ pada 9 November 2023.

Program hasil kolaborasi FIS UNJ dan The Eurasia Foundation (from Asia) ini dihadiri 39 peserta berasal dari sivitas akademika UNJ dan masyarakat umum. Harapannya, perkuliahan ini  dapat memperluas perspektif keilmuan, khususnya terkait transformasi masyarakat pasca-covid 19.

Sesi kedelapan perkuliahan internasional menghadirkan Prof. Yudi Darma dari Institut Teknologi Bandung yang mengangkat tema "Challenges and Opportunities in a Post-Pandemic Society: Science and Technology Perspective".

Dalam pemaparannya, Prof. Yudi menyebutkan pandemi merubah cara masyarakat hidup, bekerja dan pola konsumsi. Namun perubahan tersebut mengarahkan kita pada inovasi dan teknologi baru.

"Pandemi ternyata tidak hanya membawa dampak negatif. Dari sisi teknologi, Covid-19 memberikan dampak positif karena dianggap mempercepat adopsi teknologi baru. Covid menjadi perantara utama dalam tranformasi digital," jelas Prof. Yudi.

Prof. Yudi Darma juga mengajak mahasiswa untuk memahami konsep-konsep teknologi yang berkembang setelah pandemi seperti AI, cloud computing, AR/VR, 5G Networks, VUI, IoT, cybersecurity, dan blockchain.

FIS UNJ menyelenggarakan perkuliahan The Eurasia International Course 2023 sesi kedelapan menghadirkan Prof. Yudi Darma dari ITB (9/11/2023).
DOK. UNJ FIS UNJ menyelenggarakan perkuliahan The Eurasia International Course 2023 sesi kedelapan menghadirkan Prof. Yudi Darma dari ITB (9/11/2023).

Sebelumnya dalam pembukaan sesi, Kurniawati selaku Koordinator Pelaksana dan juga Wakil Dekan Bidang Akademik FIS UNJ menyambut baik kedatangan Prof. Yudi dan berharap program ini dapat memotivasi mahasiswa untuk terus memperluas wawasan.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Beri Pelajaran Penting untuk Kolaborasi Riset

Dalam kesempatan sama, Dekan FIS UNJ, Firdaus Wajdi menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan pembicara untuk hadir secara langsung dan bertemu dengan mahasiswa FIS UNJ menyampaikan materi bertemakan teknologi.

"Materi ini tentunya memberikan perspektif baru dalam pengetahuan mahasiswa," ujar Dekan FIS UNJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com