Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2023, 14:50 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Sidang Terbuka telah mewisuda sebanyak 2.745 lulusan dari program sarjana, magister, doktor, profesi, spesialis, subspesialis, sarjana terapan dan diploma untuk periode Agustus – Oktober 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, pada Rabu (8/11/2023).

Sebanyak 886 orang di antaranya berhasil lulus dengan predikat pujian atau cumlaude.

Baca juga: Cerita Adil, Pergi dan Pulang Sekolah Harus Jalan Sepanjang 800 Meter

Dengan mewisuda 2.745 lulusan, maka jumlah alumni USK menjadi 154.878 lulusan.

Rektor USK, Prof. Marwan mengatakan, wisuda USK ke-159 ini terasa istimewa, karena merupakan salah satu periode wisuda dengan jumlah lulusan terbanyak.

Selain itu, pada wisuda kali ini USK berhasil meluluskan angkatan pertama dari Program Doktor Ilmu Kedokteran sebanyak tiga wisudawan dan Magister Kecerdasan Buatan sebanyak dua wisudawan.

"Semuanya lulus dengan predikat cumlaude," kata dia dikutip dari laman USK.

Rektor USK mengatakan, perguruan tinggi dituntut untuk terus berbenah dalam menghadapi era digitalisasi atau Revolusi Industri 4.0 ini.

Salah satu upaya yang USK lakukan adalah dengan mendirikan Program Magister Kecerdasan Buatan, di bawah Jurusan Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

"Kami memahami, perkembangan teknologi informasi ini telah menyentuh semua bidang keilmuan. Maka USK telah berencana untuk memasukan lebih banyak muatan literasi digital dalam kurikulum terbarunya pada tahun depan," ujar dia.

Prof. Marwan juga mengingatkan wisudawan untuk tidak berhenti belajar dan mengembangkan kompetensinya.

Baca juga: PB PGRI: KLB Mengatasnamakan PGRI di Surabaya Ilegal

Lalu, bisa melatih diri untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan tetap menjaga nilai-nilai diri integritas.

"Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah saudara miliki sekarang, teruslah belajar hal hal baru, dan teruslah berkarya. Mengingat saat ini tantangan dunia kerja semakin kompetitif," jelas Rektor Marwan.

Daia menambahkan, salah satu kunci kesuksesan di era digitalisasi ini adalah semangat untuk terus berkreativitas dan berinovasi.

Karena, hal tersebut akan membuat para lulusan memiliki nilai tambah khususnya dalam dunia kerja.

Baca juga: Meski Pernah Gagal, Hasbi Seorang Tunarungu Diterima Kuliah di Unpad

"Oleh sebab itu, kemudahan teknologi hari ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin untuk menjemput karier dengan berbagai kreativitas digital," tutup Rektor Marwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com