Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Telah Jalani 216 Program PPM pada 2023

Kompas.com - 07/11/2023, 14:56 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) UI Prof. Agung Waluyo menyebutkan, ada 216 program PPM yang telah dijalani UI sepanjang 2023.

Dia mengaku, dana yang digelontorkan UI untuk mendukung aktivitas program PPM sebanyak Rp 3,2 miliar.

Baca juga: UI Pamerkan 34 Produk Inovasi Sosial pada Acara Festival PPM

"Terdapat 18 titik fokus pemberdayaan dan pengabdian masyarakat yang dijalani UI, yaitu daerah Banten dan Jawa Barat, DKI dan Kepulauan Seribu, Tegal, Banyuwangi, Kalimantan Timur, Sumba Barat, Lombok Timur, Labuan Bajo, Atambua, Belu, Pulau Mesa, dan Manggarai Timur," ucap Prof. Agung saat ditemui di Perpustakaan UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/11/2023).

Dia menyebutkan, akan ada lebih dari 300 kegiatan program PPM yang akan dijalankan UI sepanjang tahun 2023.

"Jadi kalau 300 kegiatan di tahun ini, kalau satu kegiatan melibatkan 3-5 orang, maka total yang mengikuti program PPM bisa mencapai 1.500 orang," ungkap pria yang akrab disapa Waluyo ini.

Mereka yang mengikuti PPM, lanjut dia, tidak hanya mahasiswa, tetapi juga melibatkan alumni UI.

"Mahasiswa baik program Sarjana, tapi juga ada vokasi, dan juga ada yang pascasarjana. Kita juga gandeng alumni di daerah tempat pelaksanaan PPM," tutur Waluyo.

Dari hasil PPM yang dijalankan UI pada 2023, dia membidik 40 inovasi sosial yang bisa didapatkan guna membantu pemecahan masalah masyarakat di sejumlah daerah Indonesia.

34 produk inovasi sosial UI dipamerkan dalam Festival PPM 2023

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI Nurtami mengatakan, UI memamerkan 34 produk inovasi sosial yang ditampilkan dalam pameran Festival UI 2023. Pameran ini berlangsung di Perpustakaan kampus UI Depok pada 6-10 November 2023.

Festival di tahun ini dikemas sedikit berbeda dengan mengusung tema "Meraki Bentala-Bakti UI untuk Indonesia".

Baca juga: PB PGRI Cium Adanya Keterlibatan Kementerian dalam Hal KLB Ilegal

Dia mengaku, Festival PPM UI ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun sekali sebagai bentuk diseminasi hasil program PPM yang telah dilakukan UI kepada khalayak ramai.

"Selain itu, festival ini juga ditujukan untuk membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak dan lintas sektoral," ujar Nurtami.

Nurtami menyampaikan, program pengabdian ini tidak hanya hadir sebagai wujud pemenuhan UI terhadap dharma pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk penerapan terobosan-terobosan mutakhir untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

Baca juga: Simak 6 Rekomendasi Beasiswa yang Bisa Didaftar Mahasiswa UI

Lebih dari itu, program-program PPM jika dilihat dari perspektif pengabdi adalah program yang hadir karena rasa peduli dan keterhubungan antara pengabdi dan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com