Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurusan yang Ada di STMKG, Simak Syarat Masuknya

Kompas.com - 04/11/2023, 07:05 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

STMKG menyediakan program pendidikan tinggi jenjang Diploma IV (D4) yang berlangsung selama empat tahun.

Setelah menyelesaikan pendidikan di STMKG, lulusan akan diterima sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan pangkat golongan 3A.

Baca juga: Siswa SMK Bisa Daftar Sekolah Kedinasan STAN, STIS, IPDN? Cek Infonya

Selama masa studi di STMKG, taruna dan taruni akan menerima pendidikan dengan unsur semi militer dan berkesempatan untuk mengikuti pendidikan tingkat lanjutan.

Semua biaya pendidikan di STMKG ditanggung oleh pemerintah, sehingga taruna dan taruni tidak perlu membayar uang kuliah.

Dari keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, tidak heran kalau STMKG menjadi salah satu sekolah kedinasan dengan pendaftar terbanyak pada tahun 2023.

Di STMKG, terdapat 4 jurusan yang bisa dipilih. Apa saja jurusan itu? Berikut daftarnya yang bisa kamu pilih.

1. Meteorologi

Program studi ini fokus pada pengkajian ilmu cuaca dan peristiwa atmosfer. Para lulusannya memiliki kemampuan untuk melakukan pengamatan, memproses, dan menganalisis data meteorologi, serta memberikan informasi dan prakiraan cuaca kepada masyarakat.

2. Klimatologi

Program studi ini mengkaji ilmu tentang iklim dan perubahan yang terjadi. Para lulusannya memiliki keterampilan dalam melakukan pengamatan, mengolah, dan menganalisis data klimatologi, serta memberikan informasi dan upaya penanggulangan dampak dari perubahan iklim kepada masyarakat.

Baca juga: BMKG Akui Ada Cuaca Ekstrem, Dosen UM Surabaya Ingatkan 3 Penyakit Ini

3. Geofisika

Program studi ini fokus pada studi tentang bumi dan peristiwa geofisika yang terjadi di dalamnya. Para lulusannya memiliki kemampuan untuk melakukan pengamatan, memproses, dan menganalisis data geofisika, serta memberikan informasi dan upaya penanggulangan terhadap bencana geofisika seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanah longsor.

4. Instrumentasi

Program studi ini berkaitan dengan studi mengenai perangkat yang digunakan untuk mengukur parameter-parameter dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Lulusan dari program ini akan memiliki kemampuan untuk merancang, memproduksi, melakukan kalibrasi, menjaga, dan memperbaiki peralatan instrumentasi dalam bidang MKG.

Pendaftaran untuk masuk STMKG tahun 2024 memang belum dibuka, tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri dari sekarang dengan mengacu pada persyaratan masuk STMKG pada tahun 2023.

Persyaratan masuk STMKG

Bila ingin masuk sekolah kedinasan BMKG, ada syarat umum dan akademik yang harus dipenuhi. Terkait syarat umum, yakni:

  • Warga Negara Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, diperbolehkan memakai kacamata dengan lensa spheris maksimal minus 4D dan lensa silindris maksimal minus 2D, bersedia melakukan LASIK dengan biaya sendiri apabila lolos seleksi
  • Minimal berumur 15 tahun serta maksimal 23 tahun
  • Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama studi berlangsung
  • Minimal tinggi badan pria 160 cm dan 155 cm dengan berat badan yang proporsional
  • Tidak menjalin ikatan dinas dengan institusi lain
  • Bersedia bekerja di BMKG setelah lulus pendidikan dengan penempatan yang tersebar di wilayah NKRI
  • Khusus untuk pendaftar jalur afirmasi (Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku), harus memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP, memiliki ijazah SD, SMP, dan SM, serta bagi peserta afirmasi asli Papua harus memiliki rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Ketua dan Anggota dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

Baca juga: Kisah Adil, Siswa Piatu yang Ingin Jadi Pengusaha di Masa Depan

Adapun syarat akademik, yaitu:

  • Telah lulus atau akan lulus SMA, Madrasah, SMK atau sederajat yang berasal dari semua jurusan
  • Menyertakan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Aktif di kelas XII bagi lulusan tahun 2023 yang belum memiliki ijazah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com