Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung 5 Kampus, Budi Luhur Buka Donasi untuk Palestina

Kompas.com - 01/11/2023, 21:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Budi Luhur (UBL) lewat Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi) membuka penggalangan dana untuk Palestina.

Kegiatan ini juga didukung dan dihadiri perwakilan mahasiswa dari Universitas Pertamina, UIN Jakarta, Universitas Al-Azhar, Universitas Satya Negara Indonesia, dan Universitas Nasional.

Baca juga: Cerita Chira Raih IPK 3,98, Jadi Lulusan Terbaik Universitas Pertamina

Deputi Rektor Bidang Akademik UBL, Dr. Goenawan Brotosaputro mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk empati dan simpati atas kejadian di tanah Palestina.

"Situasi dunia tidak baik-baik saja, kita sebagai mahasiswa memberikan manfaat, simpati, dan empati terutama dalam perang. Kita perlu dengan akal sehat dan hati lapang untuk selalu melihat dari segala sisi. Kenapa ini perang bisa terjadi? Kalau di Indonesia tidak ada perang bukan kebetulan," kata dia dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Dia menegaskan, Indonesia merupakan negara bertoleransi tinggi yang menghargai keberagaman.

"Di Indonesia negara yang damai dan tentram negara yang menghargai keberagaman. Kenapa negara-negara bisa perang mari kita kumpulkan informasi jangan mendapatkan berita saling menyalahkan. Jadi kita merengunglah kenapa bisa perang," jelas dia.

Dia berpesan kepada semua pihak khususnya mahasiswa di seluruh Indonesia, untuk menjadi generasi cerdas dan berbudi luhur.

"Jadilah orang baik karena orang baik dibedak Tuhan dimana pun kapapun dalam kondisi apapaun. Sehingga kalian menjadi kelak insan generasi cerdasa berbudi luhur," ucap dia.

Ketua Himahi UBL, Finewita Waruwu berharap dengan kegiatan ini para generasi muda tidak hanya diam apa yang sedang terjadi di dunia ini.

Baca juga: Cek Rincian Biaya Kuliah S2 di Universitas Terbuka

Dia mengajak para mahasiswa berperan aktif dan bersuara "stop war" dan membantu para korban perang.

"UBL selalu membuat kegiatan sosial itu tertanam dari kami untuk terus bersama menciptakan generasi cerdas dan berbudi luhur. Kegaiatan ini kita merasakan ada yang tidak beres dan kita harus memberi kontribusi menyelesaikan di dunia," tutur dia.

Tidak hanya konflik Palestina dan Israel, lanjut dia, perang yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina juga memakan banyak korban.

"Kita adalah manusia kita patut memanusiakan dengan memakmurkan bumi mensejahterakan umat itu yg kita pegang sebagai landasan kehidupan kita," tegas dia.

Baca juga: 59 Prodi UGM Telah Raih Akreditasi Internasional

Bagi masyarakat yang mau menyumbang untuk Palestina, maka bisa menyalurkannya ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan nomor rekening 110601000395565 atas nama Himahi Budi Luhur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com