Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.431 Mahasiswa Lulus dari UBL, Siap Terapkan Ilmu ke Masyarakat

Kompas.com - 01/11/2023, 10:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.431 mahasiswa Universitas Budi Luhur (UBL) dari tingkat D3, S1, dan S2 telah diwisuda di Jakarta Convention Center (JCC) pada Selasa (31/10/2023).

Mahasiswa yang di wisuda berasal dari semester genap tahun 2022-2023. Mereka antusias dan terlihat begitu gembira saat menerima berkas simbolik kelulusan.

Baca juga: Perjuangan Aliya, Anak Buruh Pabrik Lulus Berprestasi dengan IPK 3,93

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Wendi Usino menyampaikan, gelaran wisuda kali ini menjadi spesial dengan kehadiran tamu dari negera Turki (Turkiye).

"Agak spesial untuk tamu kita kali ini. Biasanya yang memberikan speech adalah tamu dari dalam negeri, untuk kali ini kita undang Duta Besar Turki untuk Indonesia, yaitu Prof. Dr. Talip Kucukcan, dia adalah mitra saya yang merupakan profesor di Universitas Marmara Istanbul, Turki," kata dia dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Lanjut dia menyatakan, saat pandemi pihak universitas tidak menyelenggarakan wisuda di luar kampus, sehingga pandemi selesai wisuda digelar kembali di luar kampus.

Rektor berpesan, agar para wisudawan dan wisudawati tidak meninggalkan nilai-nilai kebudiluhuran yang selama ini didapatkan di Kampus Budi Luhur.

"Tetap dalam budaya kita, jadilah manusia yang cerdas dan berbudi luhur. Karena cerdas saja tidak cukup, harus dibarengi dengan kejujuran. Karena banyak orang cerdas yang menggunakan kecerdasannya untuk hal-hal yang negatif," kata Wendi.

Dia pun berpesan kepada para mahasiswa untuk menjadi Ahli Madya, Sarjana, dan Magister yang bisa tetap menjaga akhlak dan sikap.

Baca juga: Cerita Gaby, Lulusan Matana University dengan IPK 3,98

"Tentunya ilmu yang didapat bisa berguna bagi masyarakat dan negara. Karena dengan berguna bagi orang dan pengabdian, akan banyak dikenang oleh masyarakat atas perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan," jelas Wendi.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro memastikan, dirinya akan terus mengenalkan UBL ke dunia internasional melalui berbagai momen dan kegiatan.

"Saya belum lama ini ke Srilanka, ke Jepang ,dan beberapa negara lain untuk membawa UBL makin dikenal dunia. Kita juga kedatangan Dubes Euthopia dan hari ini Dubes Turki untuk Indonesia. Ini masih dalam rangkaian mengenalkan UBL ke dunia internasional," tutur Kasih Hanggoro.

Salah satu wisudawati, Sania Rahma Zahra dari Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia mengungkapkan kegembiraannya. Karena, apa yang dikerjakan selama kuliah sudah terbayarkan dengan penuh.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

"Sudah berjuang kerjakan skripsi. Kita sudah di sini bareng-bareng, sebelum kita dapat kerjaan masing-masing," ucap Sania yang merupakan mahasiswa lulus dengan predikat cumlaude.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com