Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Pendidikan Akpol dan Akmil? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 30/10/2023, 17:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulusan SMA/MA yang ingin berkarier di bidang militer maupun kepolisian bisa mendaftar di Akademi Polisi (Akpol) maupun Akademi Militer (Akmil).

Kedua lembaga pendidikan tersebut menjadi favorit para lulusan SMA/MA karena setelah lulus langsung menjadi perwira TNI maupun perwira polisi.

Sebelum mendaftar di Akpol maupun Akmil, siswa juga perlu tahu berapa lama pendidikan di Akpol dan Akmil?

Kali ini Kompas.com akan merangkumkan durasi sekolah di Akpol dan Akmil hingga mata kuliah yang akan diikuti taruna taruninya.

Baca juga: Lulus Berpangkat Letnan Dua, Ini Syarat Daftar Akmil bagi Lulusan SMA

Lama pendidikan Akpol dan mata kuliah

Akademi Kepolisian Semarang termasuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang memakai sistem ikatan dinas.

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri.

Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri).

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun (8 Semester).

Setelah lulus, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IP) dan langsung berpangkat Inspektur Tingkat Dua (Ipda). Durasi pendidikan Akpol paling lama dibandingkan jalur masuk Polri lainnya.

Pendekatan pendidikan di Akpol melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Akpol seperti:

  • Kriminologi Forensik.
  • Psikologi Forensik.
  • Hukum Perdata.
  • Kedokteran Forensik.
  • Sosiologi.
  • Beladiri Polri.


Baca juga: Perbedaan Kurikulum di SMA Taruna Nusantara dan Pradita Dirgantara

Lama pendidikan Akmil dan prodinya

Sebanyak 493 perwira remaja jebolan Akademi Militer dan Sekolah Perwira Prajurit Karier Tahun 2022 resmi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat melalui prosesi penerimaan di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Senin (22/8/2022).(Dispenad) Sebanyak 493 perwira remaja jebolan Akademi Militer dan Sekolah Perwira Prajurit Karier Tahun 2022 resmi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat melalui prosesi penerimaan di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Senin (22/8/2022).

Akademi Militer (Akmil) merupakan sekolah kedinasan milik Pemerintah RI yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional Republik Indonesia.Lama pendidikan Akmil ternyata sama dengan lama pendidikan Akpol, yakni selama 4 tahun.

Lulusan pendidikan Akmil adalah perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua sesuai korps/kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton dan memiliki kualifikasi akademis diploma IV (setara dengan Sarjana Strata-1) dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

Program studi yang tersedia pada Akademi Militer berada pada jenjang Diploma IV atau DIV, antara lain:

  • Teknik Sipil Pertahanan
  • Teknik Mesin Pertahanan
  • Teknik Elektro Pertahanan
  • Ilmu Manajemen Pertahanan
  • Ilmu Administrasi Pertahanan

Baca juga: Apakah Lulusan SMA Jurusan IPS Bisa Masuk Akpol? Cek Jawabannya

Demikian informasi mengenai lama pendidikan di Akpol maupun Akmil yang perlu diketahui lulusan SMA/MA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com