Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Belajar Bahasa Inggris Ini Manfaatkan AI Mudahkan Pembelajaran

Kompas.com - 27/10/2023, 17:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Platform belajar Bahasa Inggris, ELSA Speak memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk memungkinkan pengguna mempratikkan percakapan di dunia nyata. 

Nantinya, teknologi ini memudahkan pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang sedang meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

Pendiri dan CEO ELSA, Vu Van mengatakan, teknologi AI ini telah dikembangkan perusahaan selama bertahun-tahun. Hal ini dianggap sebagai langkah lebih lanjut dalam revolusi pembelajaran bahasa Inggris.

"Perkembangan teknologi yang terus melaju, industri pendidikan mengalamai transformasi. Di mana peran penting dari AI menawarkan solusi yang inovatif sebagai latihan dan memberikan masukan yang cepat untuk belajar bahasa Inggris," kata dia dalam keterangannya, Jumat (27/10/2023).

Dia menyebut, aplikasi menggunakan teknologi AI ini dikembangkan menggunakan data suara dari penutur bahasa Inggris dengan berbagai dialek.

Itu bertujuan bisa mengidentifikasi pola bicara penutur dan non-penutur asli an memberikan masukan untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana cara memperbaiki kesalahan.

Demi menegaskan komitmen dalam mendukung 1,5 miliar pembelajaran bahasa Inggris, ELSA terus mengembangkan dan meneliti solusi, guna memenuhi semua kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris.

Hal itu terlihat dari ivestasi sebesar 27 juta dollar AS yang masuk ke ELSA dari perusahaan modal ventura terkemuka di Silicon Valley, Asia Tenggara, dan Jepang, termasuk Google Ventures.

Baca juga: Cek Rincian Biaya Kuliah S2 di Universitas Terbuka

"Maka perusahaan rampung menyelesaikan pengembangan produk terbaiknya selama 8 tahun terakhir, sehingga pengguna mudah belajar bahasa Inggris," jelas dia.

Lanjut dia menyatakan, ELSA AI ini diluncurkan secara global. Fitur luar biasa ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk membuat permainan peran mereka sendiri dan berlatih percakapan bahasa Inggris dengan topik apa saja.

"Para pelajar dapat berlatih dengan empat skenario yang telah ditentukan sebelumnya yang berkaitan dengan pekerjaan dan percakapan santai atau menciptakan situasi kehidupan nyata yang merupakan bagian kehidupan sehari-hari," tutur dia.

Baca juga: Dosen Unnes Ini Lulus S3 dengan IPK 4,00

"Satu hal yang lebih baik adalah ELSA AI akan memberikan evaluasi mendalam, termasuk intonasi, pengucapan, dan tata bahasa, tentang bagaimana performa setelah percakapan Bahasa Inggris," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com